Aroma Toilet Kantor Pemkab Tidak Sedap, Wabup Geram

TIMIKA,TimeX Secara tidak sengaja melintas di Lantai 1 Gedung A Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Wakil Bupati (Wabup) Mimika, Yohanis Bassang sontak geram, lantaran menghirup aroma tidak sedap dari toilet di gedung megah tersebut.

Ilustrasi

Kinerja Bagian Umum Setkab Mimika Disoroti

TIMIKA,TimeX

Secara tidak sengaja melintas di Lantai 1 Gedung A Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Wakil Bupati (Wabup) Mimika, Yohanis Bassang sontak geram, lantaran menghirup aroma tidak sedap dari toilet di gedung megah tersebut.

Wabup Bassang mengaku kecewa dengan fasilitas toilet di Kantor Pusat Pemerintahan tersebut, karena kebersihannya sangat memprihatinkan sehingga menimbulkan aroma tidak sedap.

Orang nomor dua di Pemkab Mimika ini pun mengaku kecewa dengan kontraktor yang menangani kebersihan gedung A,B dan C di Kantor Pusat Pemerintahan.

Sebab, hampir semua toilet di masing-masing gedung tidak ditangani baik sehingga mengeluarkan bau yang menyengat.

Menyikapi ini, Wabup Bassang meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggungjawab, segera mengganti kontraktor yang menangani kebersihan.

“Percuma saja kita bayar mahal tapi kerjanya tidak maksimal,” tegas Wabup Basang saat memimpin apel pagi di Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Selasa (2/10).

Pernyataan tegas mantan Kabag Keuangan Pemda Mimika 2008 lalu, juga diamini sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Mimika,bahwa kondisi toilet di Gedung A lantai satu sangat kotor, dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Sehingga setiap ASN maupun masyarakat yang punya urusan saat melintas di depannya pasti menutup hidung, karena aroma tidak sedap sudah dirasakan dari jarak kurang lebih lima meter.

“Ada yang laporkan ke saya, kalau mereka mau ke belakang tidak ada air. Ini kenapa sampai kondisi toilet parah begini?” tanya Wabup Bassang.

Sambung dia, padahal, saat kedatangan tim Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) ke Mimika awal Agustus lalu, salah satu keluhan yang disampaikan saat berkunjung di Kantor Pusat Pemerintahan SP3 adalah soal kebersihan toilet.

“Sepertinya tidak ada respon, maka untuk masalah kebersihan, saya perintahkan para Asisten untuk segera panggil tiga kontraktor yang tangani kebersihan kantor.

Jangan mereka hanya sapu lantai saja, sedangkan WC (water closet) yang kuning tidak disikat dan dibersihkan. Termasuk kran air rusak harus diperbaiki, tidak bisa dibiarkan,” tegasnya.

Masih soal kebersihan, Wabup Bassang juga menyoroti masih adanya sarang laba-laba di sejumlah ruangan yang dibiarkan begitu saja.

“Ini bagian umum bagaimanakan? ada anggaran perawatan gedung, mengapa gedung dibiarkan kotor. Bagian Umum juga saya soroti karena tidak maksimal dalam kinerja,” ujarnya.

Ia menegaskan, kebersihan Kantor Pusat Pemerintahan harus jadi nomor satu, dan kepada ASN harus memperhatikan dan memperlakukan sarana-prasarana maupun fasilitas yang ada seperti di rumah sendiri.

“Selama kalian masih memakai baju dinas dan jalankan tugas di kantor, maka ini adalah rumah kalian, jadi mari kita jaga kebersihannya,” tandas Bassang. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.