Progres Jalan Cenderawasih Capai 15 Persen

FOTO:Indry/TimeX

PRINGKOT – Terlihat para pekerja PT Brata Jaya sedang mengerjakan pringkot di Jalan Cenderawasih, Rabu (3/10).

TIMIKA,TimeX

Proyek  pelebaran jalan aspal di Jalan Cenderawasih yang dikerjakan oleh PT Brata Jaya masih terus berjalan.

Menurut salah seorang pengawas dari PT Brata Jaya, saat dikonfirmasi Timika eXpress di Jalan Cenderawasih, Rabu (3/10) mengatakan, untuk penghamparan aspal dalam sehari bisa mencapai 500 meter jika didukung dengan cuaca yang baik. Sedangkan untuk pengerjaan aspal lapisan atas sehari bisa mencapai 300 meter.

Dijelaskan, secara teknis, sebelum melakukan peleburan aspal, terlebih dahulu dilakukan peleburan pringkot untuk lapisan bawah, untuk pengerjaan pringkot sendiri bisa mencapai 500 meter dalam jangka waktu dua sampai tiga jam.

“Hari ini kita lakukan  pringkot hingga dua kali, soalnya saat kami lakukan pelapisan aspal pada lapisan bawah untuk pemadatan, banyak kendaraan yang lewat sehingga lapisannya terkelupas, akhirnya hari ini kita kerjakan lagi,” tambahnya.

Ia menjelaskan, untuk tahap pengerjaan pengaspalan tidak begitu rumit sehingga tenaga kerja yang dibutuhkan juga hanya sekitar 25 orang di lapangan. Sedangkan untuk pemasangan aspal hotmix yakni lapisan atas aspal juga pembangunan drainase membutuhkan tenaga setidaknya mencapai 70 orang.

Sementara itu, untuk material aspalnya sendiri dimix di SP 3, hasilnya kemudian dibawa ke lokasi pengerjaan aspal.

“Peleburan aspal yang kami lakukan ini, akan dikerjakan sampai di depan  Hotel Grand Mozza, kami rasa ini tidak butuh waktu lama,” ujarnya.

Lanjut dia, sejauh ini semua berjalan baik, hanya saja kendala yang dihadapi adalah adanya tiang listrik yang sampai saat ini belum juga dipindahkan, sehingga menghambat pekerjaan jalan.

Sementara itu, di tempat terpisah, Bonefasius Saleo, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mimika menjelaskan, sejauh ini progres pengerjaan Jalan Cenderawasih sudah mencapai 15,8 persen.

“Pengerjaan jalan sudah 50 meter, mungkin nanti saya  akan tinjau lagi, sudah kemarinkan mereka baru melakukan pringkot,” terangnya.

Sedangkan untuk pemasangan paving block dan drainase, sudah berjalan hingga sampai di depan Petrosea. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.