18 Distrik Pamerkan Potensi Unggulan Melalui BBGRM

Foto: Evan Soenarie/TimeX

SERAHKAN-Sekda Mimika, Ausilius You meyerahkan secara simbolis dana bantuan sosial BPJS Ketenagakerjaan dari Pemkab Mimika kepada Kepala BPJS Ketenagakerjaan Mimika, Dedy Mulyadi saat gelar BBGRM di Graha Eme Neme Yauware, Selasa kemarin.

 

TIMIKA,TimeX

Melalui kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XV, 18 distrik di Kabupaten Mimika, meliputi 19 kelurahan dan 133 kampung berkesempatan  memamerkan potensi unggulan dari program inovasi masing-masing wilayah.

Kegiatan BBGRM yang dirangkaian dengan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahtraan Keluarga (HKG-PKK) ke 46 dan Pekan Inovasi Daerah (PINDA) ini akan berlangsung selama empat hari, mulai Selasa (9/10) hingga Kamis (12/10) nanti.

Seluruh rangkaian kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Mimika dipusatkan dipelataran Graha Eme Neme, dan secara resmi dibuka oleh Sekda Mimika, Ausilius You dengan pemukulan tifa.

Selain melibatkan pihak distrik dengan perwakilannya dari kelurahan maupun kampung, dari 25 stand rangkaian tiga kegiatan tersebut juga melibatkan Organisasi Perangkat Dsaerah (OPD) lingkup Pemkab Mimika, perotelan, perbankan, serta civitas pendidikan kejuruan.

Dari gelar kegiatan ini juga diwarnai dengan berbagai lomba, yaitu lomba tarian seka, goyang aster dan stand up comedy.

Pada pembukaan pameran BBGRM juga langsungkan penyerahan dana bantuan sosial BPJS Ketenagakerjaan dari Pemkab Mimika senilai Rp526.982.400 yang diserahkan langsung Sekda Mimika kepada Kepala BPJS Ketenagakerjaan Mimika, Dedy Mulyadi.

Untuk selanjutnya dana bantuan tersebut akan diteruskan kepada penerima manfaat langsung, yaitu 798 aparatur kampung, 695 Bamuskam dan 1.121 RT.

Michael Gomar, Kepala DPMK Mimika mengatakan, kegiatan BBGRM ini tujuannya untuk meningkatkan kebersamaan serta pentingnya memupuk rasa gotong-royong di distrik, kampung maupun kelurahan dalam mewujudkan pembangunan di daerah.

“Melalui kegiatan ini juga kita bisa melihat langsung hasil pembangunan dan potensi unggulan masing-maisng wilayah sebagai potret pembangunan distrik. Kegiatan semacam ini kami harapkan dilanjutkan ditahun-tahun mendatang, bila perlu disinkronkan dengan program-program terpadu dari OPD lingkup Pemkab Mimika agar seluruh program kegiatan pembangunan yang diselenggarakan bisa diketahui masyarakat umum,” ujarnya.

Michael pun berharap peserta pameran dari 25  stand  yang ada ini, selama empat hari ke depan bisa memamerkan bahkan menyajikan informasi penting terkait program dan inovasi potensi unggulannya kepada pengunjung sehingga dapat diketahui potensi dari setiap wilayah di Mimika.

“Nanti dipenghujung kegiatan kami akan diumumkan pemenang lomba tarian seka tingkat SMA/SMK sederajat, goyang Aster Papua kategori umum, serta lomba stand up comedy.  Dan juga akan ada penyerahan piala kepada stand terbaik, serta penghargaan kepada kepala distrik, lurah dan kampung terbaik,” tandasnya.

Sedangkan Sekda You dalam sambutannya mengatakan, momentum BBGRM ini penting dan jadi motivasi bagi warga untuk meningkatkan semangat gotong-royong dalam memanfaatkan potensi unggulan mendukung pembangunan daerah.

“Kegiatan ini juga penting untuk menginformasikan program inovasi hasil unggulan dan potensi dari masing-masing distrik. Dan, pameran ini sebagai potret potensi distrik dalam mengaplikasikan pembangunan di distrik,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan BBGRM juga bertujuan mempercepat proses keseimbangan pembangunan antara perkotaan dan desa.

Untuk mewujudkannya, maka diperlukan partisipasi masyarakat agar program ini benar-benar untuk dan oleh rakyat.

Melalui pameran ini kita tingkatkan potensi dan promosi di 18 distrik dengan sasaran tidak hanya potensi unggulan, tapi juga program pemberdayaan masyarakat yang sudah dilakukan.

Pada pembukaan kegiatan Selasa kemarin hadir pula Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, Danlanud Yohanis Kapiyau, Letkol (Pnb) Metio Datau, Danlanal Timika, Letkol (P) Yadi Mulyadi, serta perwakilan OPD lingkup Pemkab Mimika, serta masyarakat Mimika. (zuk)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.