DKP Gelar Lomba Cipta Menu Pangan Lokal

FOTO:INDRI/TIMEX

LOMBA-Tim juri sedang melakukan penilaian terhadap lomba cipta menu pangan lokal dari peserta yang digelar DPK di Graha Eme Neme Yauware, Selasa (9/10).

 

TIMIKA,TimeX

Untuk mengangkat kearifan lokal dari setiap distrik, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menggelar pameran dan lomba cipta menu berbahan dasar pangan lokal non beras.

Rangkaian dua kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari, hingga Kamis  (11/10) dipusatkan di Graha Eme Neme Yauware, dan secara resmi dibuka oleh Ausilius You Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika.

Gelar kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, ini merupakan agenda tahunan, dengan tujuan utamanya mempromosikan pangan lokal kepada ibu-ibu untuk menciptakan berbagai menu olahan dengan bahan dasar pangan lokal tanpa menggunakan beras atau tepung terigu.

“Kalau pameran dari DKP siapkan 15 stan dengan mengakomodir Organisasi Ketahanan Pangan, Badan Usaha Milik Negara (BUMD) dan pihak swasta termasuk para Kelompok Tani. Sedangkan untuk lomba cipta menu pangan lokal diikuti ibu-ibu perwakilan  dari tujuh distrik,” kata I Nyoman Swi Tana, Sekretaris DKP Mimika saat dikonfirmasi Timika eXpress, Selasa kemarin.

Khusus stan pameran DKP, untuk jenis pangan lokal yang ditonjolkan adalah petatas, sagu ,telur ayam kampung, sayur dan buah organic, termasuk potensi unggulan lokal lainnya.  

Nyoman menambahkan, untuk lomba cipta menu pangan lokal, masing-masing kelompok harus menyiapkan enam menu.

Dimana setiap resep menu akan diberikan ke pantia, dan akan disebarluaskan kepada masyarakat untuk dimanfaatkan.

Lomba cipta menu pangan lokal ini pun akan dinilai oleh tim juri, dengan meninjau langsung ke stand-stand, mulai dari proses awal pengolahan hingga penyajiannya.

“Kepada pemenang lomba akan kita berikan hadiah berupa uang pembinaan,” tukasnya. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.