Pesawat Jhonlin Tabrak Tanggul di Beoga

FOTO:ISTIMEWA/TIMEX

TABRAK-Pesawat Jhonline yang menabrak tanggul di ujung Bandara Beoga, Rabu kemarin jadi tontonan warga setempat.

 

JAYAPURA, TimeX

Pesawat Jhonlin dengan nomor penerbangan PK-JBR milik PT Jhonline Air Trnasport (JAT), Rabu (10/10) sekitar pukul 06.20 WIT tergelincir di Bandara Beoga, Kabupaten Puncak saat mendarat.
Pesawat yang dipiloti Kris Henus (42 th) itu diduga menabrak tanggul pembatas di lapangan terbang Beoga karena cuaca berkabut.

Pesawat naas yang ditumpangi Daus (27) dengan muatan Sembako (Sembilan Bahan Pokok) 1.218 kilogram itu berangkat dari Bandara Mozes Kilangin Timika pukul 05.41 WIT.

Pesawat tersebut dipastikan  mendatar di Bandara Beoga sekitar pukul 06.22 WIT.

Namun, saat hendak landing mengalami musibah, yaitu tergelincir dan menabrak gundukan tanah di ujung runway bandara akibat cuaca ekstrim.

Untungnya, dari insiden tersebut tidak ada korban jiwa, pilot bersama seorang penumpang  dinyatakan selamat, dan aktivitas di bandara tersebut berjalan seperti biasa.

Akibat insiden tersebut pesawat yang terbang dari Timika, mengalami kerusakan di bagian depan (baling baling) bengkok dan bagian ekor retak.
Orpa Solosa, Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Udara pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika,  kepada wartawan di Bandara Mozes Kilangin Timika, Rabu kemarin membenarkan insiden kecelakaan pesawat Jhonline.

“Kejadiannya memang benar, namun kronologis dari kejadian kita belum dapat penjelasan dari pilot karena yang bersangkutan masih trauma,”ujarnya.

Ia memastikan bahwa satu dua hari ke depan pihaknya akan melaporkan sebab kejadian setelah mendapat informasi pasti dari maskapai penerbangan yang telah dikoordinasi pihaknya.

Sebab, pesawat yang mengalami musibah pun belum dievakuasi dari runway. Namun, pilotnya sudah dievakuasi ke Timika, hanya saja masih trauma.
Sementara Kapolres Puncak Jaya AKBP Ari, membenarkan terjadinya kecelakaan pesawat namun tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.
“Memang benar pesawat Jhonlin yang membawa satu penumpang yaitu Daus (27th) menabrak tanggul yang berada di samping lapangan terbang, kata AKBP Ari seraya menambahkan insiden tersebut diduga akibat cuaca berkabut.
Pesawat naas saat ini masih berada di lokasi kejadian menunggu kedatangan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). (tan/a31)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.