Pengguna Mobil Dinas Berplat Hitam akan Ditindak

Foto: Dok./TimeX

TUNJUK – AKP Indra Budi Wibowo Kasat Lantas Polres Mimika bersama anggotanya sementara menunjukan plal DS mobil dinas saat dihentikan pada operasi razia di Jalan Hasanuddin pada Kamis (11/10).

TIMIKA,TimeX

AKP Indra Budi Wibowo Kasat Lantas Polres Mimika mengancam memberikan tindakan tegas berupa sanksi kepada pengguna mobil dinas yang kerap dengan sengaja tahu dan mau mengganti plat mobil dinas dengan warna hitam alias palsu lantas dianggap melanggar aturan. Hanya saja bentuk sanksi seperti apa Indra enggan menyebut secara detail.

Indra menyampaikan ini menaggapi banyaknya pejabat atau ASN yang diberi kepercayaan menggunakan kendaraan dinas dari berbagai instansi Pemerintah Kabupaten Mimika tapi diganti dengan plat palsu warna hitam saat mengurus keperluan pribadi. “Jelas melanggar kalau ada penggunaan plat hitam pada kendaraan dinas (plat merah), itu sudah ada aturannya sama saja menggunakan plat palsu,” kata Indra saat ditemui Timika eXpress di Kantor Polsek Mimika Baru, Senin (15/10).

Perwira balok tiga ini membenarkan selama ini pada kegiatan razia atau sweeping rutin terhadap kendaraan roda dua maupun roda empat selalu saja ditemukan kendaraan dinas platnya diganti dengan plat hitam.

“Kita lagi gencar untuk penindakan, karena kita sudah tidak bisa berikan teguran-teguran. Berplat merah diganti dengan plat hitam ini sudah berkali-kali disampaikan bahwa itu bukan pada peruntukannya. Jadi kita tetap tilang,” tegasnya.

Sehubungan dengan ini Indra meminta kepada pimpinan daerah untuk lebih selektif mengecek aset negara dan tingkatkan penindakan kepada para ASN ketahuan mengganti plat DS dinas dengan hitam.

Ia menilai perilaku merubah plat asli dengan palsu suatu perbuatan bandel.

“Inikan bandel kalau bisa di Pemkab dalam hal ini siapa yang berkaitan untuk menindak itu. Maka mari bersama kami menertibkan kendaraan ini. Kalau belum ada kami bertindak sendiri dan ini adalah operasi target kami,” ungkapnya.

Sebagimana dilansir media ini sebelumnya,

personil Satuan Lalu Lintas Polres Mimika dalam operasi razia kelengkapan surat-surat kendaran bermotor kembali menilang empat unit mobil dinas berplat hitam di Jala Hasanuddin pada Kamis (11/10). Empat mobil itu adalah Avanza DS 5967 LM warna putih, PA 5136 MZ warna hitam, PA 5102 YK warna hitam dan PA 5110 MZ warna hitam. Sebelumnya pada Rabu (3/10) lalu dalam operasi serupa di Jalan Budi Utomo depan Toko Mega Kredit Satlantas juga mengamankan mobil dinas pick up warna hitam berplat hitamDS 5516 MA.

Menanggapi adanya pergantian plat DS mobil dinas dengan warna hitam secara sepihak Lucky Mahakena Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Mimika tantang Satuan Lalu Lintas Polres Mimika lebih berani memberikan tidakan tegas dan berkoordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mimika untuk memproses hukum terhadap ASN pengganti plat mobil itu.

“Harus ditindak dengan pasal penggelapan barang bukti, sekalipun itu aset pemerintah daerah. Karena ranah peraturan hukum positif merupakan integral peraturan negara yang ada pada tupoksi Polantas dan penyidikan umum Polres sebagai wilayah penegakan hukum bagi masyarakat,” tulis Lucky dalam rilisnya yang diterima Timika eXpress.

Menurutnya mekanisme dan prosedur status penggantian mobil dinas dari plat merah ke hitam atau diputihkan harus juga mengacu pada peraturan Undang-undang negara, bukan asal saja menggantikan plat atau warna semau ‘gue’ sebab ada aturan yang mengikat terkait dengan Undang-undang Lalu Lintas.

“Harapan kami temuan kasus ini harus diproses secara hukum tanpa batasan toleransi. Ini bukan baru tetapi sudah beberapa kali tilang juga temukan yang sama tapi kasusnya seolah-olah lenyap,” katanya.

Menjadi lebih miris lagi lanjut Lucky mengenai penyalahgunaan aset pemerintah ini sesungguhnya bukan baru kali ini ditemukan melainkan sudah beberapa kali namun sepertinya tidak digubris. Dengan demikian sudah sewajarnya harus diberi tindakan keras lantas dianggap melawan UU.

“Saya harap bagi Polantas Polres Mimika harus konsekwen lakukan penindakan pasal hukum indikasi penggelapan barang bukti mobil dinas yang sementara ditangani,” katanya. (tio/tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.