Terkait Tewasnya Tahanan Polres, Propam Proses Satu Regu Jaga

Foto : Tanto/TimeX

PEMAKAMAN-Jenazah Elias Wenehen saat hendak dimakamkan di TPU SP1, Selasa kemarin.

 

TIMIKA, TimeX

Tim penyidik Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Mimika telah memproses satu regu jaga Polsek Mimika Baru yang diduga lalai dalam tugas hingga mengakibatkan Elias Wenehen (44), seorang tahanan tewas gantung diri.

Wakapolres Mimika Kompol Arnolis Korowa menegaskan, regu jaga Polsek Mimika Baru yang menjalani proses hukum, terdiri dari personel Satuan  Sabhara, Reskrim, Intel, termasuk perwira yang bertugas saat Elias tewas gantung diri dalam sel tahanan, Senin dinihari lalu.

“Dari kejadian Senin kemarin kami langsung lakukan pemeriksaan terhadap petugas yang piket sebagai konsekuensi dinas dari apa yang terjadi mereka wajib bertanggungjawab. Ini juga warning (peringatan) buat anggota lainnya”.

Demikian ditegaskan Arnolis saat ditemui Timika eXpress usai memimpin kegiatan pelatihan Pra Operasi Pekat Matoa 2018 di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Selasa (16/10).

Walaupun tidak disebutkan jumlah personil piket jaga yang sedang diproses Propam Polres Mimika, jelas ada sanksi terhadap personel kepolisian yang lalai dalam bertugas semacan ini.

“Kasus ini sudah kami laporkan ke Propam Polda, dan anggota yang diproses hukum bisa kena sanksi didemosi, penundaan pendidikan berupa pembinaan SDM individu Polri.

Arnolis menambahkan, dari keterangan keluarga korban, bahwa Elias memiliki tipikal nekat, karena sebelumnya pernah melakukan percobaan bunun diri.

Untuk diketahui, jenazah Elias sudah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) SP1, Selasa (16/10) sekitar pukul 12.45 WIT.

Prosesi pemakaman oleh keluarga, dan sanak saudara dan sahabat kenalan korban dikawal anggota Polres Mimika.

Seperti diberitakan sebelumnya, Elias ditemukan tewas gantung diri menggunakan tali celananya sendiri.

Peristiwa naas yang menimpa korban sekitar pukul 04:00 WIT, itu terjadi saat hujan deras mengguyur Kota Timika, dan seluruh tahanan sedang lelap tertidur.

Korban, warga Jalan Sam Ratulangi ini baru diketahui tewas menggantungkan sekitar pukul 06.30 WIT oleh salah seorang tahanan, kemudian dilaporkan ke petugas jaga. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.