PSI Mimika Kehilangan Seluruh Caleg di Dua Dapil

TIMIKA,TimeX Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai salah satu Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Mimika, harus kehilangan seluruh Calon Anggota Legislatif (Caleg) pada kontestasi Pemilu 2019 di dua

Partai Solidaritas Indonesia

TIMIKA,TimeX

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai salah satu Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Mimika, harus kehilangan seluruh Calon Anggota Legislatif (Caleg) pada kontestasi Pemilu   2019 di dua Daerah Pemilihan (Dapil) karena Tidak Memenuhi Syarat (TMS) minimal keterwakilan perempuan.

Dua dari enam Dapil yang dinyatakan TMS adalah Dapil 1 dan 6, berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 797/PL.03.3-9109/KPU-Kab/X/2018 tertanggal 23 Oktober 2018.

Adapun permasalahan hingga KPU Mimika menetapan status TMS terhadap 6 Caleg PSI di Dapil 1 dan tiga Caleg di Dapil 6 karena terbentur Peraturan KPU terkait Pemilu 2019.

Demikian dijelaskan Reinhard Gobay, Komisioner KPU Mimika saat dikonfirmasi Timika eXpress, Minggu (28/10).

Menurut dia, penetapan TMS terhadap Nimburi Uamang, Caleg Dapil 1 PSI karena terlambat melengkapi berkas dari batas waktu yang ditentukan.

“Dari keputusan Bawaslu Mimika, PSI diberikan batas waktu untuk melengkapi berkas sampai Rabu (3/10) pukul 12.00 WIT.

Karena terlambat memasukan berkas surat pengunduran diri sebagai PPD dari Caleg Nimburi, maka dilakukan koordinasi dengan Korwil KPU Mimika dan KPU Papua tetap pada keputusan bahwa Caleg PSI Dapil I dinyatakan TMS.

“Kami sebagai penyelenggara konsisten dengan aturan agar tidak menuai masalah dalam tahapan proses menuju Pemilu 2019,” tegasnya.

Permasalahan Caleg PSI Dapil 1 adalah tidak memenuhi kuota perempuan.

Sementara, permasalahan di Dapil 6 adalah kekurangan Caleg perempuan, sebab satu Caleg perempuan dari PSI di dapil tersebut mengundurkan diri pasca penetapan Caftar Calon Sementara (DCS) karena tidak diijinkan suaminya.

“Soal kekurangan Caleg PSI di Dapil 1 dan 6 ini sudah kami ingatkan ke pengurus Parpol, hanya saja tidak diindahkan sampai batas waktu yang ditentukan, dan akhirnya Caleg di dua Dapil tersebut dinyatakan TMS. Kami harap semua Parpol  konsekuen dengan tahapan proses dan kesepakatan bersama,” jelasnya.

Secara terpisah, Budiono selaku Komisioner Bawaslu Mimika juga menegaskan bahwa seluruh Caleg Dapil 1 PSI berdasarkan surat keputusan KPU Mimika dinyatakan TMS.  (aro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.