Murid SDN 7 dan SMPN 12 Mimika Diajarkan Wawasan Kebangsaan

Foto: Ist./TimeX
FOTO BERSAMA – Tim Binmas Noken bersama jajaran Polres Mimika foto bersama murid SMPN 12 dan SDN 12 Mimika dalam kegiatan Pi Ajar Pelajar pada Kamis (8/11).

TIMIKA,TimeX

Puluhan murid SDN 7 dan SMPN 12 Mimika berlokasi di Jalan Trans Nabire diajarkan mengenai wawasan kebangsaan oleh tim Binmas Noken Polri pada Kamis (8/11).

Mensukseskan agenda peduli pendidikan dengan tema ‘Polisi Pi Ajar’ menggandeng Satuan Binmas dan Satuan Lantas Polres Mimika.

Personil yang turut melaksanakan kegiatan ini Aiptu Lalu Hiskam A, Aiptu Mulyadi,  Aiptu Gatot Prihartono, Bripka Beatrix Rumaseb, Bripda Nabila Tanaty dan Satgas Humas.

Materi yang diperkenalkan kepada anak-anak generasi penerus bangsa Indonesia itu berupa menyanyi lagu kebangsaan, memberikan pembelajaran wawasan kebangsaan berupa lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan (dari sudut pandang Garuda), perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhineka Tunggal Ika berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” ditulis di atas pita dicengkeram oleh Garuda. Selain itu memberikan pengetahuan tentang tata terib dan kesalamatan berlalulintas.

Aiptu Lalu Hiskam A dalam rilisnya menjelaskan bahwa kegiatan dilakukan seperti menyanyi lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya, Indonesia Pusaka dan Tanah Air Ku itu semata-mata ingin menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air di dalam diri para murid.

Ia juga menjelaskan kegiatan berisi tentang pengetahuan dan informasi tentang rambu-rambu lalu lintas dan tata tertib berlalulintas di jalan raya, seperti tanda dilarang parkir, dilarang berhenti, dan aturan dan kelengkapan pada saat mengendarai kendaraan. Semua itu kemas  dalam sebuah permainan.

“Jadi siswa-siswi dapat menerima materi tersebut. Dengan harapan memberikan informasi dan wawasan lalu lintas para murid SMPN 12 dapat membudayakan tara cara keselamatan berlalulintas di jalan raya,” jelasnya.

Sedangkan untuk kegiatan pembelajaran wawasan kebangsaan itu dilakukan dengan cara bermain dan berinteraksi.

Seperti personil Binmas Noken mengajak murid untuk menyebutkan kelima butir Pancasila. Selain itu juga minta mereka untuk menjelaskan warna Bendera Merah Putih.

Ia juga mengaku murid SDN 7 dan SMPN 12 ini mengikuti dengan penuh antusias. Bahkan mereka begitu semangat mengikuti kegiatan ini. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.