Kejurda Tinju Amatir akan Dilaksanakan di Timika

Atlit Mimika Sudah Siap Bertanding

TIMIKA,TimeX

Foto: Shanty/TimeX
TINJU – Ketua Kejurda Tinju John Rettob foto bersama Sekretaris Kejurda Tinju Papua dan Pelatih Tinju Mimika usai jumpa pers, Rabu (7/11).

akan dilaksanakan di Kabupaten Mimika pada tanggal 18 November 2018 mendatang.

Untuk mempersiapkan pertandingan tersebut, panitia Kejurda Papua dan Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Kabupaten Mimika menggelar pertemuan pemantapan persiapan pertandingan.

John Rettob Ketua Kejurda tinju Papua dalam jumpa pers, Rabu (7/11) malam mengatakan, Kejurda tinju ini dilaksanakan untuk dapat menjaring atlet-atlet berbakat yang akan dipersiapkan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Tahun 2020 di Mimika, dengan mempertandingkan 18 kelas yakni untuk kategori SLTA dan elite putra dan putri.

“Kita ada 18 kelas yang diikuti oleh 29 kabupaten/kota termasuk Kabupaten Mimika. Persiapannya kita sudah mulai dan kesiapan atlit juga sudah dan sekarag masih pelatihan,” tutur John.

John mengatakan setelah melaksanakan Kejurda pada November ini akan dilanjutkan Kejuraan Nasional (Kejurnas) yang direncanakan pada tanggal 4 Desember 2018 di Lampung.

Dikatakan, Kejurda ini merupakan Kejurda tingkat Papua, pelaksanaannya ada di Provinsi Papua hanya saja Mimika ditunjuk sebagai pelaksana provinsi.

“Kejurda Papua baru dilaksanakan sekarang dan Mimika sebagai tuan rumah. Jadi, panitia kita ini bukan saja panitia lokal tetapi panitia provinsi juga di dalamnya,” tutur John.

Sementara untuk tempat pelaksanaan Kejurda tinju amatir, kata John direncanakan di Mimika Sport Center (MSC)  in door dan alternatif lainnya di Eme Neme Yauware. Tetapi panitia harapkan ada support dari semua pihak untuk dapat menggunakan MSC paling tidak sebagai uji coba venue.

Selain itu, pada Sabtu nanti PB Pertina Kabupaten Mimika akan dilantik dan pada tanggal 20 nanti juga ada pelantikan pengurus Pertina semua kabupaten.

“Kita akan memperebutkan 72 medali terdiri dari 10 medali emas untuk pria, 8 medali emas untuk putri, 10 medali perunggu putra dan 8 medali perunggu putri dan 5 medali perak putri  serta 5 putra 5,” ujarnya.

Katanya, Kejurda ini juga sekaligus untuk menyeleksi atlit untuk masuk dalam PON ke XX tahun 2020. Jadi diharapkan di tahun 2019 para atlit sudah mengikuti pelatihan atau training TC yang di tangani oleh Provinsi Papua.

Sementara, Agus Hugo Krey, Sekretaris Kejurda tinju Papua mengatakan, untuk atlitnya ada 10 kelas untuk putra. Sedangkan untuk putri baru lima kelas yang terisi, dan masih tersisa tiga kelas yang kosong. Diharapkan dalam waktu dekat kelas kosong akan diisi oleh atlit.

Selanjutnya, Frick Taime, Pelatih tinju Mimika mengatakan, jika dilihat untuk tinju saat ini pihaknya yakin bisa lolos dan untuk putri ada tiga orang yang menjadi andalan Timika menyumbangkan medali emas, karena ketiga orang putri ini mempunyai jam terbang cukup baik, sebab mereka sudah ada medali emas di PON dan kejurnas sebelumnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.