Kelurahan Perintis Prioritaskan Tiga RT Tangani Masalah Sampah

Foto : Rina/TimeX
Eddy Ayomi S. Sos

TIMIKA,TimeX

Menindaklanjuti pasca dilaksanakan launching wajah baru Kelurahan Perintis beberapa waktu lalu, kini baru tiga RT diprioritaskan Kelurahan Perintis dalam menangani masalah sampah. Tiga RT itu adalah RT 7, RT 9 dan RT 3. Dipilihnya tiga RT itu dengan asalah dekat dengan jalan utama.

Demikian disampaikan Eddy Ayomi S. Sos  selaku Sekretaris Kelurahan Perintis saat ditemui Timika eXpress di Kantor Perintis, Rabu (7/11).

Eddy mengatakan sebelum pemilihan ketiga RT tersebut sudah didahului dengan pendekatan kemudian menyusul sosialisasi terhadap ketiga wilayah RT tersebut.

“Sejauh ini kami juga telah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup yang mana petugas sampah yang mengendarai motor sampah bisa masuk ke lorong-lorong untuk mengambil sampah dari warga kami,” ujarnya.

Diakuinya, pada saat launching beberapa waktu lalu, hanya ada satu RT yang berjalan, namun sekarang ini sudah ada dua RT yaitu RT 7 dan RT 3 turut berjalan menerapkan wajah baru Perintis dalam menangani sampah.

Lanjutnya, untuk sekarang ini, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan RT 9 untuk membahas masalah sampah ini.

“Jika pertemuan tersebut dapat dilaksanakan tentunya selanjutnya kita akan memberikan pengetahuan terhadap RT lainnya sehingga semua RT di sini bisa menerapkan wajah baru di Perintis,”katanya.

Mendukung program ini Eddy memberikan biaya BBM dari petugas motor sampah yang datang mengambil sampah hingga ke lorong-lorong, mengingat tidak adanya anggaran dari dinas untuk mengambil sampah ke setiap lorong rumah warga.

“Setiap motor sampah yang masuk ke lorong-lorong otomatis biaya BBM nya berkurang karena prioritas mereka hanya di jalan-jalan umum. Untuk itu, warga juga harus berkontribusi dengan BBM mereka,”ujarnya.

Dilanjutkannya, dari 12 RT yang berada di kelurahan ini, semua RT ini bisa menerapkan wajah baru Kelurahan Perintis sehingga persoalan sampah ini sudah tidak ada lagi. Dengan begitu, kelurahan lainnya akan mencontohi kelurahan ini untuk masalah sampah.

“Jika persoalan sampah bisa kita tangani tentunya ini akan menjadi contoh bagi kelurahan lain karena untuk menerapkan masalah sampah harus bekerja sama dengan semua pihak,” ujarnya. (aro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.