250 Peternak Babi Terima Pelatihan dan Bantuan

Foto: Indry/TimeX
BANTUAN – Yosefin Sampelino saat menyerahkan bantuan kepada peternak binaan usai pelatihan di Aula Bobaigo Keuskupan Timika, Jumat (9/12).

TIMIKA,TimeX

250 Kelularga (KK) penerima bantuan paket tenak babi mendapat pelatihan tentang cara berternak babi oleh Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Mimika di Aula Keuskupan Bobaigo, Jumat (9/11).

Dalam kesempatan tersebut para peternak juga menerima bantuan enam lembar seng dan dua kilo paku untuk pembuatan kandang.

Yosephina Sampelino Kepala Disnak menjelaskan kegiatan tersebut adalah tindak lanjut dari program sebelumnya dimana peternak telah diberikan satu pasang babi yang anggaran bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus).

Kata dia, setiap tahun Disnak melakukan pengadaan 500 ekor babi menggunakan dana Otsus. Bibit babi diberikan kepada masyarakat di enam distrik yaitu, Mimika Baru, Distrik Wania, Kuala Kencana, Iwaka, Mimika Timur dan Kwamki Narama.

Ia berharap agar babi yang sudah diserahkan dapat dipelihara dengan baik supaya bisa dikembangkan.

“Babi yang diberikan ini, babi unggul jadi dikembangkan, jangan sudah besar lalu dipotong tanpa harus tunggu sampai beranak lagi, kan sayang sekali,” ketusnya.

Tujuan dari pemberian ternak ini agar ekonomi masyarakat dapat menjadi lebih baik.

Ia juga mengingatkan kepada penerima bantuan jika ada ternak babi yang sakit segera laporkan ke bagian Klinik Hewan supaya dikasi vaksin atau obat. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.