Tiga Lapter Masih dalam Proses Pengerjaan

Foto: Rina/TimeX
Yan Selamat Purba

TIMIKA,TimeX

Tiga Lapangan terbang (Lapter) masing-masing di Hoeya, Bela dan Noema saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan belum diselesiakan karena akan menyesuaikan ketersediaan anggaran yang ada.

Demikian disampaikan Yan Selamat Purba selaku, Plt Kepala Dinas Perhubungan Mimika saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Jumat (9/11).

“Kami usulkan dana besar untuk penyelesaian pembangunan lapter tetapi yang disetujui tidak sesuai dengan apa yang kami usulkan, sehingga pembangunan lapter itu masih terus dikerjakan dengan bertahap hingga selesai,” katanya.

Lanjutnya, lapter yang telah selesai dan telah digunakan adalah Potowayburu, Jila, Alama, Kapiraya dan Jita. Sementara ada dua lapter yang telah diambil alih oleh UPBU yaitu Agimuga dan Kokonao.

Sedangkan lapter yang dikelola oleh PT Freeport adalah Tsinga dan Aroanop.

Ada pula yang diswakelola oleh masyarakat yakni Jenggelo dan Sinalok.

Dikatakan untuk lapter swakelola sebelumnya dibantu oleh pemerintah untuk material awal. Dishub ingin melanjutkan dan sudah mengusulkan tetapi dihapus oleh Bapeda karena diklaim sudah masuk di wilayah kabupaten tetangga sehingga  lapter tersebut dikelola masyarakat.

“Kami hanya berharap agar pembangunan lapter tersebut dapat segera terselesaikan sehingga masyarakat dapat menikmatinya,” ujarnya. (aro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.