Puluhan Kendaraan Terjaring Razia di Hari Terakhir OZM

Foto: Tanto/TimeX
AMANKAN – Anggota Satlantas Polres Mimika sementara memeriksa surat-surat kendaran terhadap pengendara serta mengamankan puluhan sepeda motor di halaman Kantor Sentra Pelayanan Polres Mimika di Jalan Cenderawasih pada Senin (12/11).

TIMIKA,TimeX

Puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat  milik masyarakat Mimika terjaring razia oleh tim gabungan Polres Mimika pada Operasi Zebra Matoa (OZM) 2018 di hari terakhir pada Senin (12/11).

Operasi selama satu jam dimulai pukul 10.00 hingga 11.00 WIT berlangsung di Jalan Cenderawasih depan Kantor Pelayanan Polres Mimika.

Peronil yang dilibatkan selain Satuan Lalulintas juga petugas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Mimika dan TNI-AD Subden POM.

Sejumlah pengendara maupun pengemudi setelah diperiksa tidak membawa surat-surat disuruh kembali mengambil di rumah setelah itu baru diperbolehkan mengambil kembali kendaraannya. Bagi mereka yang memang tidak memiliki surat-surat seperti SIM tanpa mengenakan helm dan pelanggaran lainnya langsung diberi tindakan di tempat berupa membayar denda. Besaran denda itu disesuaikan dengan jenis pelanggaran.

AKP Indra Budi Wibowo Kasat Lantas Polres Mimika saat dikonfirmasi Timika eXpress di lokasi usai kegiatan menyebutkan dari operasi gabungan tersebut berhasil menilang 62 kendaraan, dengan rincian  56 sepeda motor dan enam mobil.

Guna memperkuat giat OZM hari terakhir Indra menyebutkan menerjunkan 37 personil gabungan, masing-masing 20 orang dari lantas, 15 orang dari Dishub dan dua orang anggota Subden POM.

Masih tingginya warga pengendara maupun pengemudi langgar aturan lalin sesuai Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih tertib dalam berlalulintas guna mewujudkan keamanan berlalulintas di Kota Timika yang tertib.

“Dengan masih banyaknya pelanggaran yang kami dapat itu menandakan masih banyak masyarakat kita yang belum sadar berlalulintas,” katanya.

Seperti disaksikan media ini petugas mulai jaga dari depan lampu merah pertigaan Jalan Yos Sudarso depan Gereja Katedral Tiga Raja dan petugas Dishub berdiri menjaga persis depan Mini Market Gelael. Setiap pengendara yang melintasi di kawasan itu baik dari arah Tiga Raja maupun lampu merah Diana setiba persis depan Polres Mimika langsung diarahkan  masuk dalam halaman polres. Kepada pengendara diminta menunjukan surat-surat kendaraan. Operasi ini bergulir selama 14 hari sejak 30 Oktober hingga 12 November 2018. Sasarannya lebih kepada pelanggaran kasat mata. (tan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.