Marten: 17 Desember Batas Akhir Pengajuan Gaji

Foto: Indri/TimeX
Marthen Tappi Malissa

TIMIKA,TimeX

Batas akhir proses pembayaran gaji pada akhir tahun bagi seluruh pegawai adalah 17 Desember. Karena itu, setiap Organisasi Perangkat Daerah diingatkan untuk segera mengajukan gaji pegawainya sebelum tanggal yang dimaksud.

“Kalau sampai terlambat maka akan dinyatakan hangus dan tidak akan dimasukkan sebagai daftar hutang pada tahun berikutnya,” tegas Kepala Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mimika, Marthen Tappi Malissa, saat ditemui usai apel pagi di Lapangan Kantor Pusat Pemerintahan, Senin (12/11).

Menurutnya struktur permintaan dana ini sudah dituangkan dalam langkah-langkah menghadapi akhir tahun, salah satunya batas pengajuan, SPP, SPM untuk fisik, sehingga perlu menjadi perhatian bagi semua OPD. Ia menegaskan hal ini supaya menjadi perhatian sehingga proses keuangan tidak kewalahan diakhir tahun.

“Saya mohon agar menindaklanjuti apa yang bupati sampaikan melalui surat edaran untuk langkah-langkah menghadapi akhir tahun,” ungkapnya.

Sementara itu, tentang batas pelaporan Dana Alokasi Khusus ( DAK) per 19 Desember, jika OPD tidak segera melaporkan maka tidak akan menerima transferan berikut.

Lanjutnya, hingga saat ini Kas Daerah masih dikatakan aman, termasuk DAK, akan tetapi ada beberapa OPD yang belum melakukan penyerapan tahap dua. Padahal yang menjadi acuan transfer tahap ketiga adalah penyerapan anggaran di tahap kedua, bahkan ada beberapa OPD belum menyampaikan realisasi penyerapannya.

“Kami sudah datangi tetapi ya begitu, tidak ada tanggapan,” sesalnya.

Padahal menurutnya laporan penyerapan DAK harus dimasukkan November ini, sedangkan untuk semua laporan DAK OPD ini semuanya dikompilasi menjadi satu laporan untuk dibawa  ke Kementerian Keuangan untuk ditindaklanjuti sebagai acuan transferan berikut.

“Saya takutkan juga sampai Desember DAK tahap tiga tidak bisa cair. Padahal pekerjaan sudah jalan. Hal inilah yang menjadi  perhatian bagi teman-teman kepala OPD untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.