Naikan NJOP, Bapenda Data Bangunan Baru

TIMIKA,TimeX

Rencana menaikan penerimaan dari sektor Pajak Bumi Bangunan, Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika melakukan pendataan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) serta mendata kembali objek bangunan baru yang akan dikenai PBB-P2 pada tahun 2019 mendatang.

“Kami sudah mulai pendataan tahun ini untuk bangunan-bangunan baru dalam kota, dan kami juga akan menaikan NJOPnya,” tutur Elisabeth Cenawatin Sekretaris Bapenda saat ditemui Timika eXpress di Kantor Bapenda, Rabu (14/11).

Elisabeth mengatakan pendataan ini dilaksanakan karena semakin meningkatnya jumlah bangunan baru, terutama di wilayah Distrik Mimika Baru. Dengan adanya pendataan objek pajak baru tahun ini ia menyakini tentu diharapkan adalah akan menjadi pemasukan tambahan untuk PBB P2 tahun depan.

“Kita lihat sekarang banyak sekali bangunan-bangunan baru di daerah Jalan Yos Sudarso, Hasanuddin, SP2 dan masih banyak lagi. Dan itu merupakan objek pajak dari PBB P2, dan kita akan tetapkan pajaknya,” tutur Elisabeth.

Selain pendataan di wilayah Distrik Mimika Baru pendataan serupa menyasar di Distrik Wania dan Distrik Kuala Kencana.

Kaitan dengan ini lanjutnya potensi pajak lebih banyak di kota maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga akan mengikuti perkembangan kota. Jika kota berkembang maka PAD juga turut meningkat.

Setiap bertambahnya bangunan seperti hotel, perumahan, ruko-ruko maka Bapenda langsung mendata dan mengukur bangunan sesuai perhitungan sistim yang ada di Bapenda.

“Perhitungan ini sendiri juga berdasarkan NJOP bumi dan bangunan. Sementara untuk penilaian NJOP bumi, akan dihitung berdasarkan letak bangunan, seperti rumah yang berada di kawasan pinggir jalan akan berbeda dengan rumah yang ada di dalam gang atau lorong,” ungkapnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.