Bupati Janji Lunasi Hutang Pembangunan Bandara Baru

FOTO:Ist/TimeX

TINJAU-Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, didampingi Yan Selamat Purba, Plt Kepala Dinas Perhubungan, saat meninaju pembangunan Bandara baru Mozes Kilangin, Senin (19/11).

========================

 

TIMIKA,TimeX

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng meninjau proses pembangunan terminal bandara baru Mozes Kilangin, Senin (19/11) didampingi Yan Selamat Purba, Plt Dinas Perhubungan (Dishub).

Menurut Yan Selamat Purba, kepada wartawan, setelah meninjau pembangunan Bandara, bupati berjanji akan segera memproses penyelesaian hutang kepada pihak kontraktor yang diketahui mencapai puluhan miliar. Segera setelah Tim Anggaran Pemkab Mimika kembali dari Jayapura.

Dikatakan Yan, Bupati meninjau seluruh bagian pembangunan Bandara mulai dari terminal yang didanai oleh Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) hingga yang didanai oleh APBD.

Yan juga menuturkan bahwa Bupati Mimika merasa sangat senang, lantaran progres pembangun sejauh ini mengalami kemajuan yang cukup pesat dan Bupati memerintahkan untuk menghitung total biaya yang masih dibutuhkan untuk menuntaskan pembangunan Bandara tersebut.

“Bupati pesan agar 2019 pengerjaan Bandara dan terminal harus bisa selesai,” ungkap Yan.

Lanjut Yan, kedepan pihaknya juga akan membuan lingkaran di jalan masuk ke bandara baru, kemudian juga akan dibangun jembatan layang, yang akan dibangun dari bundaran di luar jalan yang akan dihubungkan sampai di terminal. Tujuannya agar wajah  Mimika saat Pekan Olaraga Nasion (PON) XX tahun 2020 jauh lebih bagus.

“Pembangunan saat ini sudah 70 persen, khusus pembangunan terminal Bandara yang melalui anggaran APBD, jadi material rangka sudah siap,“ ujar Yan.

Sementara itu, perhitungan sementara, biaya yang dibutuhkan untuk penyelesaian terminal tersebut diperkirakan masih mencapai Rp 180 miliar.

“Kita akan kebut pekerjaan terminal dan lahan parkir dulu, karena persiapan PON 2020, nanti selanjutnya akan kita kerjakan jembatan layang lagi,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Sub Direktorat TP4 Kejaksaan Agung, Arifin Hamid, melakukan kunjungan ke Banadara baru Mozes Kilangin, Rabu (14/11) lalu. Hasil kunjungan tersebut diketahui bahwa pembangunan tersebut masih menyisakan hutang kepada pihak ketiga PT Panca Duta Abadi sebeesar Rp 13 miliar, akibat terjaidnya defisit pada 2017 lalu.

Menurut Sephihan Mahendra Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU)  Kabupaten Mimika, seharusnya jika anggaran dari APBN, progress pembangunan bandara baru seharunya sudah mencapai 58 persen, tetapi kenyataan dilapangan saat ia melihat langsung bahwa pembangunan baru mencapai 28 persen saja.

Pembangunan tahun ini meliputi , pembangunan partisi gedung lantai bawa, kemudian, dibagian atas penutup (kaca-kaca), Rabat, pengecoran lantai dan toilet. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.