Bupati Masih Rahasiakan Nama Pengganti Sekda Mimika

Foto: Dok./TimeX
Eltinus Omaleng

TIMIKA,TimeX

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng secara resmi Senin (19/11) telah mengumumkan rencana pergantian Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika yang kini dijabat Ausilius You, S.Pd.MM.MH.

Namun teka-teki siapa nama pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika yang bakal diangkat masih dirahasiakan oleh orang nomor satu di Mimika itu.

Sesuai rencana pelantikan pejabat sekda baru dilaksanakan pada Kamis (22/11).

Hanya saja rencana pengumuman sekaligus pergantian Pejabat Tinggi Pratama ditunda lantaran Ausilius You sedang menjalankan tugas dinas di Jayapura.

“Hari ini pelantikan belum dapat dilaksanakan karena yang bersangkutan tidak ada di tempat. Jadi kita tunggu sampai dengan yang bersangkutan ada di tempat, rencana Hari Kamis baru kita pelantikan,” kata Eltinus di hadapan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pergantian Ausilius You, kata Eltinus karena yang bersangkutan sudah lima tahun menjabat sebagai sekda.

“Itu sudah sesuai aturan  sehingga perlu diganti pejabat yang baru,” timpalnya tanpa menyebutkan alasan lain dalam pertemuan itu.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyebutkan bahwa Christian Karubaba yang selama ini menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan akan digeser dalam jabatn baru sebagai Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan menggantikan Adolof  Haley.

“Adolf Haley diganti karena sedang menjalani pengobatan karena sakit,” katanya.

Sementara jabatan yang ditinggal oleh Christian Karubaba akan diisi oleh Ausilius You.

Untuk diketahui, pada 9 Juni 2016 silam, Bupati Eltinus sempat memberhentikan Ausilius You dari jabatan Sekda Mimika dan mengangkat Alfred Douw sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda.

Terjadinya dualisme jabatan Sekda Mimika kemudian. Hal ini jadi perhatian Kemendagri setelah Ausilius You mengajukan gugatan ke PTUN.

Atas gugatan tersebut Alfred kemudian menyatakan mengundurkan dirinya pada 16 Januari 2017 dengan memperhatikan surat Mendagri nomor 821/7980/OTDA tanggal 17 Oktober 2016 yang diteruskan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe dengan surat nomor 133/14472/SET tanggal 23 November 2016 tentang pengaktifan kembali Ausilius You sebagai Sekda Mimika.

Bahkan Mendagri Tjahyo Kumolo sampai mengutus Dirjen Otda Kemendagri Soni Sumarsono ke Timika untuk memastikan pengaktifan kembali Ausilius You hingga kini. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.