Pengadaan Transportasi Senilai Rp7 Miliar Tidak Disalurkan

Foto : Dok/TimeX

Tukima

=-================

TIMIKA, TimeX

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kabupaten Mimika tidak menyalurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2018 khususnya untuk Bidang Afirmasi pada Bidang Transportasi senilai Rp7 miliar tidak ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika.

Pasalnya, penyebab tidak disalurkannya DAK Fisik ke Dishub, karena sesuai dengan permintaan pemerintah daerah melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan OPD Dishub karena ada perubahan Juknis dari Pemerintah Pusat.

“Yang afirmasi untuk transportasi kemungkinan besar tidak disalurkan karena ada surat dari Kemendes untuk peninjauan kembali, terkait dengan perubahan juknis. Jadi, DAK Fisik sebesar Rp 7 miliar tidak disalurkan karena memang ada perubahan juknis dari pusat kalau dari OPD di daerah pengelola DAK yakni Dishub sebenarnya siap saja untuk disalurkan,” tutur Tukima, Kepala KPPN Timika saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Jumat (23/11).

Tukima mengatakan, persyaratan dari OPD sebenarnya siap salur tetapi karena ada persoalan juknis tidak sesuai sehingga pemda dalam hal ini BPKAD dan OPD pengelola tidak berani mengambil keputusan untuk terus melanjutkannya.

Katanya, daerah sebenarnya siap tetapi persoalannya ada di pusat. Jika, daerah tetap melanjutkan maka kedepannya tentu akan menjadi masalah sehingga tahun ini untuk bidang afirmasi transportasi tidak ada penyalurannya dan dananya akan dikembalikan.

“Untuk DAK Fisik persyaratan yang lengkap sudah masuk 6 bidang diantaranya 4 bidang reguler dan 2 bidang penugasan. Untuk reguler Kita ada sanitasi, pasar, pertanian, kelautan dan perikanan yang siap salur. Untuk penugasan ada kesehatan dan irigasi, “tutur Tukima.

Dikatakan, tinggal 4 bidang lagi karena untuk DAK Fisik ada 10 bidang, tinggal jalan, kesehatan dan lainnya yang sekarang sedang dalam persiapan dan proses. Batas akhir untuk pencairan tanggal 15 Desember 2018 sesuai PMK nomor 225 tahun 2018, jadi tinggal 4 bidang ini masih ada waktu 2 minggu lagi sebelum batas akhir tanggal 15 Desember nanti.

“Kalau sampai tanggal 15 Desember tidak ada pengajuan maka kami juga tidak bisa berbuat banyak karena tidak ada dispensasi. Untuk DAK Fisik saya optimis siap disalurkan kecuali yang tidak disalurkan,” ungkapnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.