Mimika Juara Umum Tinju Amatir Elite Papua

FOTO: RICKY/TimeX
FOTO BERSAMA – Ketua Panitia Kejurda Tinju Papua, Johannes Rettob (kiri) foto bersama atlet tinju Mimika usai penutupan tadi malam di MSC, Selasa (27/11).

TIMIKA,TimeX

Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kabupaten Mimika akhirnya keluar sebagai juara umum Kejuaraan Daerah  (Kejurda) Tinju Amatir Elite Man-Woman pada puncak kejuaraan, Selasa (27/11) di Gelanggang Olahraga (GOR) Mimika Sport Comnplex (MSC).

Mimika  yang adalah tuan rumah dari kejuaraan tersebut berhasil membawa pulang piala setelah menyisihkan puluhan atlet lainnya dari 12 kabupaten/kota se Papua. Setelah Mimika, diposisi kedua dan ketiga ditempati Kabupaten Mamberamo Tengah dan Kabupaten Intan Jaya.

Usai pertandingan langsung digelar penutupan di MSC oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab Mimika, Demianus Katiop.

Saat membawakan sambutan Bupati Mimika, Demianus  terlebih dahulu memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas keikutsertaan 16 kabupaten/kota dengan menurunkan 112 atlet tinju, hingga jalannya pertandingan  sejal awal hingga penutupanya berlangsung aman dan terkendali.

“Mewakili pemerintah dan masyarakat Mimika, saya berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif mensukseskan Kejurda Tinju Papua tahun 2018 di Mimika,” katanya.

Ia mengatakan untuk mengharumkan anak daerah di kancah nasional maupun internasional diperlukan pembinaan atlet sedini mungkin, baik fisik maupun mentalitas untuk bisa  mengukir prestasi.

“Kejurda Tinju ini merupakan suatu wahana mengharumkan nama daerah di kancah nasional, dan untuk mewujudkannya harus diikuti dengan pembinaan secara intens,” tambahnya.

Ia berharap dari Kejurda Tinju Papua menjadi langkah awal bangkitnya olahraga tinju di Papua, dengan fokus pembinaan atlet tinju amatir menjadi profesional.

Ia pun berpesan ke seluruh atlet yang bertanding pada kejurda tinju amatir elite man/woman menjadikannya sebagai ajang silaturahmi dan pencarian bibit sehingga mampu berkiprah pada level Kejunas persiapan PON 2020.

“Ini jadi tanggung jawab besar bina atlet tinju Papua, sebab Papua sebagai tuan rumah harus buktikan dan harumkan Papua,” pesannya.

Dikatakan kalah menang hal biasa dalam pertandingan, sehingga atlet yang meraih kemenangan atau belum berprestasi agar lebih tingkatkan performa.

Termasuk yang kalah harus tetap mengusung spirit bahwa kekalahan bukan akhir dari semua, tetapi keberhasilan yang tertunda.

“Pertandingan ini bukan masalah menang atau kalah tetapi jadi ajang silaturahmi para atlet, dan juga ajang pencarian atlet tinju potensial yang tangguh dan handal untuk bersaing dan berkiprah pada level kejuaraan lebih tinggi guna mengharumkan nama Papua,” ujarnya. (a32)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.