Konsumsi Narkoba, Tiga Siswa SMPN 2 Dikeluarkan

TIMIKA,TimeX

Tiga siswa SMP Negeri 2 Kabupaten Mimika disinyalir didikeluarkan dari sekolah oleh civitas pendidikan setempat lantaran ketahuan mengkonsumsi narkoba.

SMP NEGERI 2 – Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan, Muhadjir Effendy disambut tarian khas Papua saat berkunjung ke SMPN 2 Timika memantau UNBK SMP 23 April 2018 lalu.

Ketiga siswa yang masih duduk dibangku kelas 8 terdiri dari satu orang laki-laki dan dua perempuan itu diberhentikan pihak sekolah pada awal November 2018 lalu karena menggunakan barang haram tersebut di lingkungan sekolah.

Dari temuan itu, pihak sekolah kemudian mengembalikan ketiga siswa ke orangtua mereka masing-masing, namun tetap difasilitasi pindah ke sekolah lain.

“Mereka  kami kembalikan ke orangtua karena sudah beberapa kali peringatan namun tidak diindahkan. Bahkan siswi berinisial M oleh orangtuanya telah dipindahkan ke kampung halamannya di Flores-Nusa Tenggara Timur (NTT),” jelas sumber terpercaya Timika eXpress yang enggan disebutkan namanya, Senin (3/12).

Dari ketiga siswa tersebut, M diduga sebagai penunjuk jalan terhadap kedua rekannya yang disinyalir sudah lama mengkonsumsi barang haram tersebut.

Pasalnya, M saat mengikuti pelajaran di kelas selalu terbawa kantuk, bahkan tidur di kelas tanpa mengindahkan pelajaran dari guru mata pelajaran.

“Kadang guru yang mengajar  suruh dia (M-Red) pergi cuci muka baru kembali ikut les. Tapi tidak ada perubahan, setelah kedapatan pakai narkoba dengan dua rekannya yang lain, maka pihak sekolah langsung ambil sikap tegas berhentikan dari sekolah,” kata sumber.

Pihak sekolah kemudian memutuskan mengembalikan ketiga siswa tersebut ke orangtua mereka masing-masing karena sudah tidak sanggup lagi membina.

“Pihak sekolah sudah maksimal berikan pemahaman dan pembinaan, tapi karena dasar siswanya tidak mau berubah, dan mungkin tidak diketahui orangtua mereka sehingga tidak juga berubah,” katanya lagi.

Terkait hal ini, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Timika, Tania Sihombing saat dikonfirmasi Timika eXpress tadi malam via ponselnya, mengatakan tidak adanya kasus tersebut.

“slmt mlm jg tdk ada bu, trims (selamat malam juga tidak ada bu, terima kasih-Red),” tulis Tania via pesang singkat whtassApp (WA) nya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Mimika, Jeni Ohestina Usmany saat dikonfirmasi via ponselnya belum memberikan keterangan resmi terkait kasus ini.

“Malam ade, ibu lagi naik ke pesawat, nanti ibu telepon,” tulisnya singkat.

Dengan masuknya barang haram ke lingkungan pendidikan, tentu jadi ancaman bagi kalangan pelajar di Mimika.

Bahkan, dari temuan adanya siswa pengguna narkoba, ini menunjukan bahwa pengawasan dari aparat keamanan maupun pihak BNNK Mimika belum maksimal.

Meski Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika telah merilis hasil kegiatan berupa sosialisasi, tes urine, sidik kasus dan rehabilitasi selama tahun 2018, ternyata sebaran narkoba di kalangan pelajar masih ada.

Diharapkan, tahun 2019 mendatang, pengawasan di pintu masuk, baik di pelabuhan laut maupun di bandar udara untuk mencegah masuknya narkoba di Mimika harus diperketat.

Terkait temuan penggunaan narkoba di kalangan pelajar SMP hingga adanya siswa yang dikeluarkan pihak sekolah, ini sangat disayangkan.

Anggota DPRD Mimika, Nurman Karupukaro kepada Timika eXpress tadi malam mengimbau kepada pihak sekolah untuk lebih intens mengawasi siswa di jam sekolah.

“Saya setuju dengan sikap dari pihak SMP Negeri 2 yang mengeluarkan tiga siswa terkait narkoba dari sekolah. Ke depan harus lebih awasi ketat. Orangtua juga harus pastikan anaknya, baik di jam sekolah maupun di luar jam sekolah. Kasus ini memprihatinkan kondisi pendidikan di Mimika,” katanya.

Maraknya peredaran narkoba di Mimika mulai kalangan dewasa hingga pelajar, tentu perlu disikapi serius sehingga masa depan generasi muda tidak hancur.

“Selain sosialisasi narkoba, polisi maupun pihak BNNK Mimika harus melakukan penindakan secara tegas dan terus menyelidiki para bandar, pengedar dan pengguna narkoba. Kalau bisa penindakan lebih tegas sehingga ada efek jera,” tegasnya. (vis/san/a32)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.