TNI-Polri Bubarkan Aksi Demo KNPB

TIMIKA,TimeX

Tim gabungan TNI-Polri membubarkan aksi demo massa dari simpatisan maupun anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang hendak memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia  di Lapangan Timika Indah, Senin (10/12). Tim gabungan dipimpin Kompol Nyoman Punia Wakapolres Mimika sejak pagi sudah ada di lokasi.

Seperti disaksikan Timika eXpress di lokasi, massa dari KNPB wilayah Mimika datang sambil membawa spanduk serta atribut KNPB. Sekelompok massa yang menamakan diri ingin menyerukan perjuangan tentang HAM sedunia tidak cuma orang dewasa, perempuan dan laki-laki tapi juga anak-anak usia sekolah.

Massa setiba di Bundaran Tugu Timika Indah Jalan Budi Utomo langsung diperintahkan bubar oleh wakapolres. Bahkan diminta meletakan seluruh atribut yang dipegang ke aspal.

Foto: Tanto/TimeX
AMANKAN ATRIBUT – Sejumlah anggota gabungan TNI-Polri mengamankan sejumlah atribut dari massa KNPB di Jalan Budi Utomo pada Senin (10/12).

Seorang perempuan sebagai orator sambil memegang pengeras suara datang menghadap wakapolres menyampaikan niatnya bahwa aksi dilakukan untuk peringati hari HAM. Namun wakapolres secara tegas menolak dan menyatakan bahwa organisasi KNPB tidak terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Mimika sehingga dianggap ilegal  maka aksi itu dibubarkan.

Mendengar itu massa sempat berkeras tidak mau menuruti perintah wakapolres meletakan atribut. Namun wakapolres kembali menyerukan secara tegas apabila massa tidak membubarkan diri maka aparat yang membubarkan massa secara paksa.

Mendengar ancaman keras itu dengan terpaksa mereka meletakan atribut ke aspal, serta sebagiannya diamankan oleh aparat dari tangan mereka. Selanjutnya membubarkan diri dengan tertib.

“Kita bubarkan mereka karena KNPB ini sudah tidak terdaftar di Bakesbangpol Mimika, mereka lakukan kegiatan ini katanya peringatan HAM,” ungkap Nyoman saat ditemui di Kantor Sentra Pelayanan Polres Mimika.

Nyoman perintahkan massa bubarkan diri berdasarkan surat dari Bakesbangpol.

“Nah, dengan dasar itu kita bubarkan mereka dalam kegiatan apapun juga. Kita langsung blokade mereka dan tidak sampai lima menit mereka bubar, kerena rencana mereka mau ke DPRD,” jelasnya.

Mantan Kabag Ops Polres Mimika itu membenarkan selain membubarkan aksi mereka juga menyita sejumlah atribut KNPB.

“Tidak ada yang ditahan cuman bubarkan dan antar mereka kembali ke rumah masing-masing. Kita masih dalam penyelidikan, tapi kalau terlibat di luar jalur hukum maka akan proses secara hukum,” katanya.

Mengantisipasi adanya hal-hal mengganggu kamtibmas pihaknya terus meningkatkan patroli dan sweeping demi terciptanya situasi kamtibmas Kota Timika yang aman dan nyaman. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.