72 Napi di Timika Dapat Remisi Natal

Foto :Istimewa

Marojohan Doloksaribu

 

TIMIKA, TimeX

Sebanyak 72 narapidana (Napi) penghuni Lapas Kelas IIB Timika mendapatkan Remisi Natal 2018 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (kemenkumham RI).

Secara resmi penyerahan remisi atau pemotongan masa tahanan dilakukan pada perayaan Natal 2018 bersama di Lapas Kelas II B Mimika, Senin (24/12).

Pemberian remisi mendasari Surat Keputusan (SK)Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Nomor W.30-428-PK.01.01.02 Tahun 2018 tertanggal 5 Desember 2018 tentang Pemberian Remisi Khusus Hari Raya Natal Tahun 2018 Kepada Narapidana dan Anak Pidana Tidak Terkait Dengan Pasal 34 Ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2006 Dan Pasal 34 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Adapun dari 72 Napi yang mendapat remisi Natal, sua diantaranya Napi perempuan yang terjerat kasus pembunuhan dan pelecehan.

Marojohan Doloksaribu, Kalapas Kelas II B Timika saat dikonfirmasi Timika eXpress via ponselnya,  Kamis (27/12) membenarkan adanya pemberian Remisi kepada 72 napi.

” Remisi kepada napi yang kami usulkan dengan sejumlah syarat, seperti berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan, tidak melakukan pelanggaran hukum selama berada di dalam rutan dan telah menjalani masa hukuman. Intinya tidak melanggar aturan dalam Lapas dan berkelakuan baik,”ungkapnya.

Ia menyebutkan remisi terbanyak diberikan kepada 6 orang Napi dengan remisi 1 bulan 15 hari. Sedangkan napi lainnya hanya mendapat remisi satu bulan dan 15 hari.

Menurut dia, 72 napi pidana umum yang diusulkan semuanya mendapatkan remisi.

Sedangkan18 napi pidana khusus yang diusulkan untuk mendapatkan remisi natal hingga kini pihaknya belum mendapat jawaban.

Ia berharap 18 napi pidana khusus segera mendapat jawaban dari pimpinan tertinggi sehingga tidak tinbul kecemburuan.

“Kepada para napi yang dapat remisi natal, harapan saya kedepannya lebih berkelakuan baik lagi, dan tidak kabur dari lapas dan tidak membuat keributan. (tan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.