Pemkab Mimika Sudah Terima Laporan Penggunaan Dana Pilkada

Foto: Dok/TimeX

Lukas Luli Lasang

 

TIMIKA,TimeX

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika telah  menerima laporan pengunaan dana hibah penyelengaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika.

“Kami sudah terima data realisasi pengunaan dana Pilkada langsung dari Inspektorat Pusat.  Mereka datang kesini serahkan kepada kami sebelum libur natal,” ungkap Lukas Luli Lasang, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika saat ditemui Timika eXpress di kantor Pusat Pemerintahan, Kamis (27/12).

Ia mengatakan, sesuai penjelasan dari pihak Inspektorat Pusat, bahwa Pemkab Mimika selaku pemberi dana hibah hanya menerima realisasi penggunaanya saja dari KPU Mimika. Sedangkan untuk Surat Pertangungjawaban (SPJ), harus diserahkan KPU Mimika ke Pusat.

“Mereka jelaskan seperti itu, jadi kami terima saja, jika memang mekanismenya begitu,” ucapnya.

Sementara untuk anggaran penyelengaraan dan Pemilu 2019 mendatang, kata dia, telah dianggarkan akan tetapi penganggaran tersebut tidak bedasarkan usulan pengunaan dana dari KPU Mimika. Pasalnya hingga saat ini usulan tersebut tidak kunjung diserahkan.

“Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Pilkada kemarin, seperti ada ususlan untuk dana keamanan dan dana penyelenggaraan, tapi pada Pileg dan Pilpres tidak ada usulan dari KPU Mimika, sehingga anggaran yang kita telah anggarkan itulah yang digunakan. besarannya saya kurang tahu, intinya sudah dianggarkan,” pungkasnya. (a30).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.