Bupati Eltinus Diingatkan Rolling Pejabat Sesuai Regulasi

Foto: Istimewa

Cap foto: Anggota Komisi C DPRD Mimika Thadeus Kwalik

 

TIMIKA, TimeX

Rencana Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. MH  melakukan rolling terhadap para pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika pada bulan Januari 2019 mendatang, kini menjadi perbincangan hangat di  masyarakat, termasuk anggota DPRD Kabupaten Mimika. Bahkan, sejumlah anggota Parlemen Mimika mengingatkan Bupati Eltinus agar saat melakukan rolling pejabat harus sesuai regulasi serta memperhatikan syarat kualifikasi, kepangkatan, disiplin ilmu, rekam jejak jabatan, dan integritas pejabat yang bersangkutan.

“Tidak baik misalnya kalau dia sarjana keperawatan baru ditempatkan di Dinas Pekerjaan Umum, misalnya. Terus misalnya lagi kalau dia sarjana hukum terus jadi mantri, itu kan sudah salah,” kata Anggota Komisi C DPRD Mimika, Thadeus Kwalik via telpon kepada Timika eXpress, Jumat (28/12).

Menurut Thadeus, hampir setiap kali rolling pejabat yang dilakukan Bupati Eltinus selalu mengangkat pejabat berdasarkan jasa atau dukungan dari pejabat yang bersangkutan pada saat Pilkada. Karena itu, diharapkan kepada Bupati Eltinus untuk tidak melihat dari sisi itu, melainkan bagaimana menempatkan pejabat sesuai disiplin ilmu dan kriteria lainnya sesuai regulasi yang berlaku.

“Saya bilang begitu karena banyak juga di luar Mimika yang pemilihan kepala OPD karena kepentingan politik. Makanya saya harap itu tidak terjadi disini, sehingga kedepan melalui OPD yang dipimpin seorang pejabat sesuai kriteria tersebut agar bisa menjalankan program sesuai yang diharapkan,” ungkapnya.

Kata Thadeus, banyak pimpinan OPD yang berpengalaman dan telah memberikan terobosan dan inovasi baru dalam membangun Kabupaten Mimika kedepan. Hal itu, jika pimpinan OPD yang dipercayakan sesuai dengan disiplin ilmunya.

“Kalau dia berpengalaman, silahkan taruh dia disitu. Jangan karena kepentingan politiknya yang diutamakan, itu yang saya minta kepada bupati saat melakukan rolling pekabat,” tegasnya.

Sementara itu telah beredar di masyarakat, sejumlah nama pejabat yang bakal mendapat jabatan baru maupun hanya bergeser OPD dari yang satu ke lainnya. Selain itu, ada juga  nama pejabat lainnya bakal masuk kotak alias non job.

Namun, hingga Jumat (28/12) tadi malam, Timika eXpress belum mendapat salinan daftar nama para pejabat yang akan dirolling pada Januari 2019 mendatang.(a32).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.