Polres Mimika Ringkus Pelaku Penikaman di SP2

EVAKUASI-Korban penikaman Ham Dipau saat digotong anggota Sabhara Polres Mimika dan warga di sekitar lokasi kejadian ke RSMM Mimika.
Foto: Tanto/TimeX

TIMIKA, TimeX

Tim  penyidik Polres Mimika berhasil meringkus pelaku penikaman berinisial LD sesaat setelah aksi yang dilancarkannya terhadap korban Ham Dipau di Kelurahan Timika Jaya SP2, tepatnya di belakang Toko Awalin pada Jumat (18/1) sekira pukul 07.30 WIT.

Kapolres Mimika melalui AKP I Gusti Agung Ananta Pratama SIK selaku Kasat Reskrim Polres Mimika kepada Timika eXpress via ponselnya, Jumat (18/1) membenarkan kejadian tersebut.

Terkait proses hukum lanjut kasusnya, pelaku sudah diperiksa tim penyidik dan sementara diamankan di sel tahanan Polres Mimika.

“Unutk lebih jelasnya, kasus ini akan kita lakukan press release besok (hari ini-Red) di Kantor Pelayanan Polres Mimika,” kata I Gusti singkat.

Sementara itu, Musa Hanau mewakili keluarga korban saat ditemui Timika eXpress di Kantor Pelayanan Polres Mimika mengatakan penanganan kasus tersebut sepenuhnya diserahkan kepada kepolisian setempat.

“Kita minta pelakunya diproses dan dihukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku, sekalipun pelaku dengan korban ini masih saudara sepupu,” tegasnya.

Adapun kronologi kejadiannya berdasarkan data yang dihimpun Timika eXpress menyebutkan, saat itu korban bersama salah satu rekanya hendak pergi ke PT PAL di Iwaka dengan menaiki mobil truk untuk mengambil kayu bakar.

Seketika itu tiba-tiba pelaku dalam kondisi dipengaruhi minuman keras datang menghampiri korban dan rekannya selaku saksi lantas mencabut kunci kontak mobil truk tersebut.

Setelah itu terjadi tawar menawar antara pelaku dengan korban.

Kata pelaku, dirinya akan mengembalikan kunci mobil jika korban memberikan uang.

Namun, korban yang tidak mengantongi uang saat itu lantas mmebujuk pelaku agar mengembalikan kunci mobil.

Tak pelak, pelaku seketika mencabut pisau dari dalam bajunya dan langsung menikam korban pada tubuh bagian kiri belakang badan sebanyak satu kali.

Korban yang bersimbah darah terus lari dan mengamankan diri dengan bersandar di pinggir pagar tidak jauh dari lokasi kejadian.

Sementara pelaku melarikan diri ke Rumah Toko (Ruko) di depan Pasar SP2 dan terus berbaring.

Untungnya, saat kejadian Iptu  Laurensius Kordial selaku Kasat Narkoba Polres Mimika bersama personel Sabhara berada dekat lokasi kejadian sehingga langsung mengejar dan mengamankan pelaku.

Dari tangan pelaku diamankan pula barang bukti berupa sebilah pisau dan langsung diamankan ke Kantor Sentra Pelayanan Polres Mimika.

Sedangkan korban saat itu juga langsung dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) untuk menjalani perawatan medis atas cedera luka tikam yang dideritanya. (tan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.