Sel Tahanan Polsek Mimika Baru Jadi Rutan Sementara

Iptu Ranu
Foto: Tanto/TimeX

TIMIKA, TimeX

Setelah dipindahkannya para tahanan kasus pidana ke sel tahanan di Mapolres Mimika mile 32 dari sel tahanan Polsek Mimika Baru, kini sel tahanan Polsek Mimika Baru dijadikan Rumah Tahanan (Rutan) sementara.

Hal ini dismapaikan Iptu Rannu,SH selaku Wakil Kapolsek Mimika Baru kepada Timika eXpress di Sekretariat Sentra Gakkumdu Mimika, Rabu (16/1).

Dengan pengalihan Rutan sementara, kini digunakan sebagai tempat penitipan tahanan sementara selama pemeriksaan oleh tim penyidik Polsek  setempat.

“Dengan diamankannya para tahanan di Rutan tersebut, artinya pelaku yang ditahan statusnya diamankan. Ini seperti ada oknum warga yang kondisi mabuk atau pelanggaran gangguan Kamtibmas,” kata Ranu.

Ia pun menjelaskan, perlakuan terhadap para tahanan sementara berbeda dari tahanan kasus pidana lainnya.

“Kami hanya amankan orang yang dianggap mengganggu kamtibmas. Nanti dalam pemeriksaan kalau tidak bersalah maka kita keluarkan, tapi kalau ada melakukan hal-hal yang merugikan orang lain atau ada pengaduan dari warga maka kita proses hukum dan dialihkan penahanannya di sel tahanan Polres Mimika mile 32,” tegasnya. (aro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.