Kali Mayon akan Dijadikan Lokasi Pariwisata

Kali Mayon
Foto: Istimewa

TIMIKA, TimeX

Everth Hindom , Kepala Distrik Kuala Kencana, mengatakan, dalam tahun ini akan merubah lokasi permandian kali Mayon yang masuk dalam wilayah administratif Distrik Kuala Kencana menjadi lokasi wisata yang dikelola oleh Pemerintah menjelang pekan Pekan Olahraga Nasional (PON) berlangsung nantinya.

Sebab, kata Everth, sejauh ini alam telah menyediakan, namun tidak dikelola oleh manusia. Oleh sebab itu dengan adanya lokasi rekreasi di kali mayon kedepan, bisa menarik minat masyarakat untuk berekreasi, dengan demikian, bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Mimika.

“Kalau saya untuk rencana tahun 2019 ini saya lebih fokus kepada pariwisata yang ada di kali mayon,” kata Everth ketika ditemui Timika eXpress di kantor Distrik Kuala Kencana, baru-baru ini.

Menurutnya, selama ini masyarakat tidak ada lokasi rekreasi. Oleh sebab itu apabila kali Mayon bisa dirubah menjadi lokasi Pariwisata akan jauh lebih bagus, sehingga bisa menarik minat dari masyarakat untuk datang dan berrekreasi dikali Mayon karena lebih dekat dengan kota dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

“Karena animo masyarakat untuk lokasi wisata tidak ada jadi saya berencana bisa membangun kali Mayon kita akan menata agar lebih bagus lagi,” terangnya.

Ia mengungkapkan, untuk merubah kali Mayon menjadi lokasi rekreasi yang baik, perlunya kerjasama antara Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Distrik dan Kampung setempat, pastinya akan disambut baik oleh masyarakat.

“Jadi nanti kami dari Distrik akan bersama dengan kampung untuk ‘sharing’ dana untuk pembenahan kali Mayon itu,” ungkapnya.

Sementara itu ditanya terkait kegiatan lain selain kali Mayon. Kata Everth, sejauh ini dirinya belum bisa memastikan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan ditahun ini, sebab pihak distrik belum menerima Dokumen Penggunaan Anggaran.

“Sejauh ini kami belum bisa pastikan kegiata-kegaitan yang lain karena kami masih tunggu saja pembagian DPA,” kata Everth.(a32)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.