KPP Pratama Timika Bakal Sambangi Sekolah Perkenalkan Pajak

Foto: Santi/TimeX
Hery Sumartono

TIMIKA,TimeX

Membayar pajak sangat bermanfaat bagi pertumbuhan pembangunan dan sektor lainnya. Untuk lebih memahami akan pajak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Timika bakal menyambangi sekolah dan kampus dalam sosialisasi memperkenalkan pajak sejak dini.

Hery Sumartono, Kepala KPP Pratama Timika saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Kamis (24/1) mengatakan, bahwa penanaman kesadaran dengan pajak seharusnya telah dilakukan sejak dini. Sosialisasi di sekolah dan kampus begitu penting untuk bagaimana anak didik sekarang ini dari awal bisa diajarkan nilai bergotong royong membangun negara melalui menjadi pembayar pajak yang taat.

“Kenapa kita pilih sekolah dan kampus karena nantinya mereka itu akan menjadi wajib pajak juga. Jadi sejak dini ini kita sudah mulai jelaskan kepada mereka pentingnya pajak agar setelah menjadi wajib pajak mereka sudah tahu dan menjadi wajib pajak yang taat,” tutur Hery.

Hery menyadari generasi muda harus memiliki karakter cinta tanah air dan bela negara serta menjadikan kesadaran pajak menjadi salah satu nilai budaya bangsa karena kelak dari mereka akan menjadi generasi wajib pajak.

Kegiatan sosialisasi pajak tersebut lanjutnya bukan baru tahun 2019 ini melainkan telah rutin dilakukan. Seperti pada tahun 2017 sosialisasi pajak bertutur di SMP Advent, tax goes to school pada tahun 2018 lalu di SMA Tiga Raja dan tax goes to kampus di STIE Jambatan Bulan.

“Tax goes to school akan menjadi kegiatan yang akan kita lakukan tahun ini lagi, dengan memberikan edukasi kepada anak-anak muda tentang pentingnya membayar pajak,” tutur Hery.

Dijelaskan pajak sangat penting bagi suatu negara, salah satu indikasinya adalah kurang lebih 70 persen penerimaan negara berasal dari pajak, apabila tanpa pajak maka negara akan sulit menjalankan roda pemerintahan.

Untuk itu, lanjut Hery, KPP Pratama Timika sebagai bagian dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan selalu berupaya menjalankan amanah yang diberikan, yakni menghimpun penerimaan negara melalui sektor perpajakan dari semua lini sektor.

Hery berharap dengan memberikan edukasi tentang pentingnya sadar pajak kepada generasi muda ini bisa peroleh dampak positif terhadap penerimaan pajak setiap tahunnya dan diharapkan pula agar generasi muda bisa memberikan pemahaman kepada orangtua dan keluarganya untuk patuh dan rajin membayar pajak.

“Kita lanjutkan kegiatan ini tidak lain untuk menambah pengetahuan kepada generasi muda agar sektor penerimaan kita kedepannya jauh lebih baik lagi. Sekarang memang sudah baik tapi kita terus berupaya untuk menjadi lebih baik lagi,”ungkapnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.