Gudang Sembako Toko Raihan Ludes Terbakar

Foto : Riky/TimeX
KEBAKARAN – Petugas pemadam kebakaran sedang berusaha memadamkan kobaran api dari kebakaran gudang sembako Toko Raihan di Jalan Budi Utomo Lorong Safira Parfum, Jumat (1/2).

TIMIKA, TimeX

Gudang sembilan bahan pokok (Sembako) milik Toko Raihan yang berada di Lorong Adira Parfum samping SMK Petra bilangan Budi Utomo, Jumat (1/2) petang luder terbakar.

Dari dugaan sementara kebakaran hebat yang terjadi sekitar pukul 16:30 WIT akibat hubungan arus pendek listrik, dengan titik api awal berasal dari salah satu mess karyawan toko. Akibat dari kebakaran ini 10 unit mess pun ludes terbakar karena posisinya berdempetan dengan gudang yang diketahui milik H. Sunlatun.

Adapun mess karyawan dua lantai tersebut pada lantai bagian bawah berkonstruksi beton atau permanen, sedangkan lantai atas hanya terbuat dari kayu dan papan.

Diketahui pula saat terjadinya kebakaran, tidak satu pun karyawan berada di mess, maupun gudang yang hanya dibuka saat ada pengambilan barang belanjaan konsumen.

Dipastikan kebakaran tersebut tidak adanya korban jiwa, namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp2 miliar lebih.

Barang-barang ada dalam gudang selain sembako ada pula air mineral kemasan karton, makan ringan dan barang campuran lainnyaikut terbakar.

Untuk memadamkan api, sebanyak lima unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika diterjunkan.

Berdasarkan data lapangan yang dihimpun Timika eXpress, kebakaran pertama kali diketahui Teresia, warga setempat.

“Kami sedang di rumah tiba-tiba anak saya yang sedang bermain di halaman rumah panggil karena lihat  ada asap keluar dari gudang Toko Raihan. Saya waktu itu langsung berteriak minta tolong warga lainnya,” kata Teresia.

Warga yang terus berdatangan pun ada yang langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Petugas Damkar dengan peralatan, setibanya di lokasi kejadian langsung memadamkan api dan mengantisipasi agar kobaran api tidak merambat ke samping kiri bangunan lainnya. Akhirnya apipun berhasil dipadamkan.

Sementara Haji Sunlatun selaku pemilik Toko Raihan mengaku baru mengetahui kejadian tersebut setelah dihubungi karyawannya.

Pada saat kejadian ia sedang berada di Kelurahan Wonosari Jaya SP4.

“Waktu kejadian saya ada di SP4, dan saya ditelepon sama karyawan saya kalau gudang terbakar,” katanya.

Ia menduga kebakaran akibat arus pendek listrik, dimana pada saat itu jaringan listrik di gudang Toko Raihan terdampat giliran pemadaman listrik.

“Sementara dugaan kami korsleting listrik karena pas lampu menyala langsung keluar asap yang waktu itu tidak satu pun karyawan berada dalam gudang. Semua ini sudah  terjadi dan saya pasrah meski harus merugi,” katanya lirih.

Ia menyebutkan dari 10 kamar mess karyawan untuk lantai bawah dihuni karyawan pria, sementara lantai atas buat karyawan wanita, dan ia merasa bersyukur tidak ada korban jiwa. (tan/a32)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.