SMA Negeri I Mimika Siap Menghadapi UNBK Perdana

Foto : Dokumen/TimeX
SMA Negeri 1 Mimika.

TIMIKA,TimeX

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Mimika siap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk yang pertama kalinya.

Boni Silaban Wakasek Kurikulum SMA Negeri 1 Mimika saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya Selasa (12/2) mengatakan, SMAN 1 Mimika mulai UNBK secara mandiri dengan melakukan berbagai upaya untuk mamaksimalkan komputer yang ada ditambah dengan bantuan dari orangtua siswa sehingga pelaksanaan UNBK perdana ini bisa terlaksana.

“Dengan berbagai upaya yang kita lakukan akhirnya tahun ini kita bisa laksanakan UNBK pertama dengan jumlah siswa sebanyak 375 dengan jumlah komputer sebanyak 142 unit sehingga pelaksanaan UNBK nanti dengan tiga sesi,” tutur Boni.

Boni mengatakan untuk persiapan ujiannya telah dilakukan di sore hari dan di pagi hari, juga sudah dimaksimalkan dengan persiapan materi soal yang mengarah sesuai dengan SKL yang dikeluarkan oleh dinas.

Untuk pengayaannya dilakukan tiga kali dalam seminggu yakni Senin, Rabu dan Jumat di luar jam sekolah.

Bahkan, lanjut Boni, pelaksanaan simulasi UNBK pun telah berlangsung Januari lalu dan akan dilaksanakan lagi simulai kedua sekaligus menjadi gladi bersih pada tanggal 8 Maret mendatang.

“Sementara untuk try out pertama pada Senin pekan depan kita rencana secara online untuk bisa lebih memperkenalkan siswa tentang pelaksanaan UNBK dan supaya mempermudah siswa juga,” jelas Boni.

Dikatakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) serentak Bulan April mendatang, sedangkan Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN) dilaksanakan pada 18 Maret mendatang. Jumlah siswa tahun sebelumnya sebanyak 379 siswa, tahun ini menurun.

“Untuk pelaksanaan pengayaan-pengayaan kita gunakan dana BOS sedangkan untuk dana UN belum ada informasi lanjutnya,” ujarnya.

Diketahui, untuk mata pelajaran UNBK ada empat diantaranya adalah tiga mata pelajaran wajib dan satu mata pelajaran pilihan.

Tiga mata pelajaran wajib yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.

Sedangkan mata pelajaran jurusan itu pilihan seperti Jurusan IPS bisa memilih satu diantara tiga mata pelajaran yakni Geografi, Ekonomi dan Sosiologi. Untuk Jurusan Bahasa memilih satu diantara tiga juga yakni Antropologi, Bahasa Jerman dan Bahasa Sastra dan Jurusan IPA juga sama memilih satu diantara tiga yakni Fisika, Kimia dan Biologi. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.