500 Rumah di Agimuga Belum Dialiri Listrik

“Karena ijin prinsip belum dipegang oleh PT PLN Persero Timika sehingga mereka pun tidak bisa merealisasikan itu meskipun instalasi sudah terpasang”

TIMIKA,TimeX

Yulius Katagame Kepala Distrik Agimuga mengharapkan 500 lebih rumah warga di enam kampung di wilayah Distrik Agimuga yang belum dialiri listrik supaya segera dipasang biar masyarakat merasakan kemerdekaan penerangan pada malam hari.

Hal ini Yulius sampaikan saat ditemui Timika eXpress di kantor DPRD, Rabu (13/2).

Putra Amungme ini mengaku 500 lebih rumah warga ini memang sudah dipasang instalasi listrik sejak dua tahun lalu. Namun hingga kini tidak kunjung menyala, hanya karena terkendala pada ijin prinsip yang belum dikeluarkan oleh Dinas  Perijinan Terpadu Satu Pintu ( DPTSP) Kabupaten Mimika.

Atas belum ada ijin prinsip ini sehingga mesin diesel generator yang disediakan oleh Pemerintah Pusat (Pempus) melalui APBN belum bisa dikirim ke Mimika.

“Karena ijin prinsip belum dipegang oleh PT PLN Persero Timika sehingga mereka pun tidak bisa merealisasikan itu meskipun instalasi sudah terpasang,” katanya.

Ia mengatakan sampai saat ini baru dua kampung sudah diterangi listrik tenaga surya yaitu Kampung Fakafuku dan Mafasimamo sejak 2018 dibiayai dari Dana Desa (DD).

Ia menambahkan infrastruktur pendukung seperti rumah petugas dan rumah diesel sudah tersedia semua. Hingga persyaratan Amdal dan rekomendasi sudah dipenuhi oleh PT PLN.

Terkait hal ini Yulius bakal mencoba koordinasi denga dinas terkait  agar secepatnya ijin prinsip dapat dikeluarkam tahun ini. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.