Masa Jabatan Ketua Lemasko Tinggal 55 Hari

Foto: Indri/TimeX
Robert Waropea

TIMIKA,TimeX

Masa jabatan Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Kabupaten Mimika yang kini dipimpin oleh Robert Waropea tinggal 55 hari lagi. Robert telah mengemban amanat masyarakat Kamoro terhitung 9 April 2014 lalu dan akan berakhir pada 9 April 2019 mendatang.

Sehubungan dengan ini  Robert Waropea mengatakan panitia akan melaksanakan Musyawarah Adat (Musdat) pemilihan ketua Lemasko yang baru namun belum ditentukan tanggal berapa Musdat dimulai.

“April mendatang, nantinya digelarnya pemilihan ketua. Tidak hanya itu, sekaligus akan dilakukan juga pemilihan perubahan restrukturisasi, memilih dewan adat kampung,  dan tingkat pemilihan wilayah (ditrik) dan pemilihan pimpinan adat untuk tingkat kabupaten ,” jelas Robert saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Rabu (13/2).

Robert menegaskan  Musdat sendiri bukan hanya menjaring memilih pimpinan saja tetapi lebih pada bagaimana memupuk rasa persaudaraan antara sesama orang Kamoro.

Musdat ini juga nantinya membicarakan bagaimana pedoman kerja lembaga adat kedepan yang akan dituangkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Misalnya masalah ekonomi, adat, budaya, pendidikan sehingga tidak hanya satu sasaran saja seperti pemilihan ketua, meskipun itu menjadi salah satu bagian dari agenda Musdat.

“Kita pun akan membicarakan soal isu-isu sentral  bagi orang Kamoro kedepan, tentunya menyangkut dengan politik,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat Suku Kamoro bisa mendukung pelaksanaan musdat ini agar bisa berjalan dengan baik, karena dalam musdat pastinya akan membicarakan seluruh kepentingan orang Kamoro kedepan. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.