Wujudkan Visi Misi Bupati, Sekolah Negeri Dibebaskan Pungutan SPP

“Jadi bukan sekolah gratis, tetapi di sini pemerintah yang  mengambil peran untuk membiayai, sehingga orangtua tidak lagi mengeluarkan uang”

TIMIKA,Timika

Mewujudkan janji politik dalam visi dan misi Bupati Mimika Eltinus Omaleng lima tahun ke depan terhitung tahun 2019 khusus sekolah negeri mulai dari TK, SD dan SMP dibebaskan pungutan uang SPP dari orangtua murid.

Foto: Indri/TimeX
PULANG – Tampak murid SMP Negeri 1 di Mimika Timur saat pulang sekolah, Rabu (20/2).

Menggratiskan biaya pembayaran sekolah guna menunjang proses pendidikan yang benar, berkualitas, murah dan terjangkau bagi masyarakat Mimika.

“Jadi bukan sekolah gratis, tetapi di sini pemerintah yang  mengambil peran untuk membiayai, sehingga orangtua tidak lagi mengeluarkan uang,” tutur Jenny Usmani Kepala Dinas Pendidikan (Kadisduk) Kabupaten Mimika saat ditemui Timika eXpress  di SMP Negeri 1, Rabu (20/2).

Menurutnya melalui kebijakan strategis dibuat pemerintah setidaknya semua anak setara dalam mendapatkan hak pendidikan yang bermutu. Dengan demikian tidak ada lagi keluhan sekolah mahal, nantinya orangtua hanya memikirkan membeli seragam sekolah dan keperluan sekolah anak-anak saja.

“Ya, kalau seragam paling orangtua yang tanggung. Kalau baju batik kan bisa dibeli di koperasi sekolah,” ujar Jeni.

Ia memastikan tahun ini sudah dijalankan, tentu ini akan sangat membantu meringankan tanggungan para orangtua.

Mantan Kepala Kolose Pendidikan Guru (KPG) Mimika ini menegaskan meskipun sekolah gratis namun itu tidak mengurangi mutu pendidikan. Mutu pendidikan tetap harus dijaga dan tidak ada bedanya dengan pendidikan di sekolah swasta.

“Ini selalu kami tekankan juga kepada guru-guru terutama bagi kepala sekolah, harus bisa lebih kreatif, karena maju tidaknya sekolah itu semuanya dari kepala sekolahnya,” pungkasnya. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.