Maknai HPSN 2019 Pemkab, TNI dan Polri Bersih-bersih Sampah

“Oleh karena itu masyarakat jangan buang sampah sembarangan. Dan kita berharap kepada Pemkab mudah-mudahan dengan kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan sehingga ini menjadi inisiator Mimika meraih Adipura”

TIMIKA,TimeX

Memaknai peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari 2019 tiga pilar negara yaitu unsur Pemerintah Kabupaten Mimika, TNI dan Polri melaksanakan bakti sosial berupa pembersihan sampah pada Kamis (21/2).

Foto:Tanto /TimeX
SAMPAH – Prajurit TNI-Polri dan Ibu-ibu Dharma Partiwi Garnisun serta Bhayangkari terlibat membersihkan sampah di eks Pasar Swadaya Jalan Yos Sudarso pada Kamis (21/2).

Aksi sosial menyadarkan masyarakat Mimika akan pentingnya menjaga lingkungan yang sehat dan bersih dimulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00 WIT. Dua lokasi menjadi sasaran pembersihan yakni Timika Indah di Jalan Budi Utomo dan eks Pasar Swadaya di Jalan Yos Sudarso.

Selain tiga unsur ini turut serta Ibu-ibu Dharma Partiwi Garnisun, Ibu-ibu Bhayangkari serta sejumlah elemen masyarakat lainnya.

Peringatan HPSN yang baru pertama kali digalakan di Kabupaten Mimika ini selain berguna mengedukasi masyarakat luas juga menjadi momen pererat silaturahmi dan semangat kebersamaan.

AKBP Agung Marlianto Kapolres Mimika ditemui Timika eXpress di sela-sela kegiatan menyampaikan aksi tersebut sengaja memilih lokasi eks Pasar Swadaya dikarenakan pasar ini berada di tengah-tengah kota.

“Jadi kita dari tiga pilar ini menggagas dan membuat inisiasi tunjukan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan dan kita buktikan di sini para prajurit dan ASN bersama-sama bersihkan sampah,” ungkap Agung.

Melalui aksi nyata ini orang nomor satu di Polres Mimika itu berharap bisa melahirkan kesadaran masyarakat ikut menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing serta tidak membuang sampah sembarang tempat.

“Oleh karena itu masyarakat jangan buang sampah sembarangan. Dan kita berharap kepada Pemkab mudah-mudahan dengan kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan sehingga ini menjadi inisiator Mimika meraih Adipura,” ungkapnya.

Sementara Kapten Inf Rustam Pauwah, Danramil 1710-01/Kokonao ditemui di Lapangan Timika Indah mengatakan kegiatan ini merupakan program dari pusat sehingga mau tidak mau harus dilaksanakan dengan tujuan menjaga kebersihan di wilayah Kabupaten Mimika.

“Seperti saya sampaikan bahwa kebersihan merupakan kesehatan bagi kita semua. Oleh karena itu mari kita peduli dan jaga kebersihan itu mulai dari lingkungan kita sendiri,” ajaknya.

Perwira balok tiga ini harapkan lewat kegiatan yang sudah dilaksanakan ini sebagai contoh kedepannya masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

“Kita berharap sampah-sampah itu dibuang pada tempatnya, jangan buang sembarangan karena tidak baik untuk kesehatan,” harapnya. (tan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.