Rekrutmen CASN Formasi 2018 di Papua Mulai 4 Maret

“Nanti Kita masih koordinasi antara BKN dengan Menpan teknisnya seperti apa, tapi yang jelas untuk Papua itu 80% dan yang non Papua 20%”

TIMIKA,TimeX

Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding memastikan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Kabupaten Mimika akan dilaksanakan dalam Bulan Maret 2019.

Foto: Dok./TimeX
Marthen Paiding

Hal ini berdasarkan surat resmi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan-RB) kepada Gubernur Papua yang telah diteruskan dan diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

Surat nomor  B/234/M.SM.01.00/2019 tanggal 21 Februari 2019, perihal kebijakan pelaksanaan pengadaan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 Pemerintah Provinsi Papua.

Surat yang ditujukan kepada Gubernur Provinsi Papua merupakan jawaban atas surat yang diajukan Gubernur Papua nomor: 810/1671/AET tanggal 14 Februari 2019 perihal penyampaian jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS formasi umum tahun 2018 ke Kemenpan-RB.

Dalam surat Nomor B/234/M.SM.01.00/2019,  Menpan-RB menyetuji empat poin, yaitu:

Kesatu, persentase  penerimaan formasi 80 persen untuk asli Papua dan 20 persen bukan asli Papua.

Kedua, pelaksanaan seleksi menggunakan Computer Assisted Test  (CAT) yang hasil/nilai SKDnya berdasarkan pemeringkatan.

Ketiga, jadwal seleksi mulai pengumuman penerimaan dari tanggal 4-22 maret 2019, sampai dengan proses pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus mulai tanggal 13 Juni smapai dengan 3 Juli 2019.

Keempat, terkait dengan angka 1-3 tersebut diatas, dalam pelaksanaannya Menpan-RB minta Gubernur Papua segera berkoordinasi dengan Kepala Badan Kepegawaian Negara dan/atau Kepala Kantor Regional BKN Jayapura.

Surat yang ditandatangani langsung Menpan-RB, Syafrudin, tembusannya kepada Menko Polhukam, Menteri Keuangan, Kepala BKN dan Kepala  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

“Jadi memang sesuai hasil rapat kita pada tanggal 1 Februari di Jayapura, yang ditindaklanjuti oleh Menpan adalah untuk Gubernur Papua dan Papua Barat terkait rencana rekrutmen CPNS formasi 2018,” jelasnya kepada Timika eXpress melalui pesan WhatsAppnya, Kamis (28/2).

Dengan dasar surat tersebut, mantan Kepala Inspektorat Mimika menyatakan akan berkoordinasi dengan Kepala BKD Kabupaten Mimika dan Kepala Kantor Regional IX Jayapura serta Kemenpan RB terkait teknis pelaksanaan penerimaan CPNS.

“Nanti Kita masih koordinasi antara BKN dengan Menpan teknisnya seperti apa, tapi yang jelas untuk Papua itu 80% dan yang non Papua 20%,” katanya.

Ia menambahkan, sistem penerimaannya menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

“Namun untuk lebih jelasnya akan diumumkan oleh Pemkab Mimika melalui BKD Mimika kepada masyarakat umum secara transparan”.

Dengan menggunakan sistem CAT atau ranking, tahapannya nanti akan diumumkan secara luas dan terbuka kepada peserta CPNS 2018 di Mimika.

Adapun kuota penerimaan CPNS di Mimika sebanyak 300 orang untuk formasi umum.

“Tapi dari 300 ada formasi khusus sesuai bidang keahliannya, yakni dokter gigi dan dokter umum. (a32)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.