KPU Belum Ambil Dana Pemilu 2019

Foto: Dok./TimeX
Marwiyah

TIMIKA,TimeX          

Meskipun Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) telah ditandatangani oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Bawaslu  dan TNI-Polri pada Sabtu (24/2) lalu namun hingga kini KPU belum mengambil dana Pileg dan Pilpres tersebut.

Besaran dana Pemilu tahun ini Rp35 miliar. Dari nilai itu jatah KPU Mimika menerima Rp22,5 miliar, Bawaslu Mimika Rp3,3 miliar dan dana pengamanan Polri-TNI Rp9,2 miliar.

“Prosesnya masih panjang untuk pencairan. KPU harus registrasi dulu untuk dana tersebut digabung ke APBN dan urusannya di KPPN, kemudian lanjut lagi ke Kakanwil,” ujar Marwiyah Plt Sekretaris KPU Mimika saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Kamis (28/2).

Walaupun ia belum bisa pastikan kapan akan dicairkan namun pihaknya tetap bekerja sesuai tupoksi dan tahapan yang ada.

“Kami harap prosesnya cepat dan akan cair sebelum pendistribusian logistik nantinya,” katanya.

Kendati demikian katanya dengan sudah penandatanganan NPHD maka pelelangan sebenarnya juga sudah bisa dimulai, yang penting sudah tahu besaran anggaran, kemudian berapa banyak untuk logistik.

Ia mengaku panitia pelelangan sudah bentuk sebelum Komisioner KPU yang sekarang dilantik.

Sebelumnya, Marwiyah menerangkan pendistribusian logistik Pemilu tahun 2019 ini berbeda dengan pilkada tahun 2018 secara swakelola oleh KPU Mimika.

Dengan waktu tersisa sekira satu bulan lebih ini, pihak KPU Mimika segera memproses lelang supaya pihak ketiga yang hendak mengurus logistik tiba di TPS masing-masing tepat waktu dan kembali ke KPU Mimika.

Ia mengingatkan bagi perusahaan yang layak menangani pengiriman logistik adalah perusahaan memenuhi syarat dan lolos tahapan seleksi oleh panitia lelang sama seperti pekerjaan pada umumnya. (a33)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.