Rekrutmen CASN Mimika Formasi 2018 Ditunda

“Memang rencana penerimaan CASN formasi 2018 mulai hari ini (kemarin-Red), tapi untuk Mimika ditunda karena karena ada beberapa hal teknis yang perlu dikoordinasikan dan menunggu petunjuk Kepala Badan Kepegawaian Negara dan/atau Kepala Kantor Regional BKN Jayapura”

TIMIKA,TimeX

foto: Riki/TimeX
Paskalis Kirwelakubun

Proses rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika ditunda dengan alasan sejumlah hal teknis yang masih harus dikoordinasikan, serta menunggu  arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Mimika, Paskalis Kirwelakubun saat dikofirmasi wartawan usai apel pagi di Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Senin (4/3).

“Memang rencana penerimaan CASN formasi 2018 mulai hari ini (kemarin-Red), tapi untuk Mimika ditunda karena karena ada beberapa hal teknis yang perlu dikoordinasikan dan menunggu petunjuk Kepala Badan Kepegawaian Negara dan/atau Kepala Kantor Regional BKN Jayapura,” jelas Paskalis.

Padahal sudah dikeluarkan Surat nomor  B/234/M.SM.01.00/2019 tanggal 21 Februari 2019 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) kepada Gubernur Papua.

Dimana salah satu poin perihal surat kebijakan pelaksanaan pengadaan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 Pemerintah Provinsi Papua, yaitu jadwal seleksi mulai pengumuman penerimaan dari tanggal 4-22 Maret 2019.

Hingga proses pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus mulai tanggal 13 Juni sampai dengan 3 Juli 2019.

Adapun poin lainnya, persentase  penerimaan formasi 80 persen untuk asli Papua dan 20 persen bukan asli Papua.

Pelaksanaan seleksi menggunakan Computer Assisted Test  (CAT) yang hasil/nilai SKDnya berdasarkan pemeringkatan.

Dan terkait tiga poin diatas, dalam pelaksanaannya Menpan-RB minta Gubernur Papua segera berkoordinasi dengan Kepala Badan Kepegawaian Negara dan/atau Kepala Kantor Regional BKN Jayapura.

Terkait penundaan rekrutmen CASN ini, BKD sebagai instansi teknis sifatnya menunggu arahan dari provinsi, sebab proses pelaksanaan penerimaan akan dilakukan serentak di 29 kabupaten kota di Papua dan Papua Barat.

“Kami harap peserta tes bersabar menunggu, dan kalaui sudah ada keputusan akan diumumkan ke publik. Proses rekrutmen ini langsung kepada masing-masing gubernur, sehingga kita tunggu petunjuk dan arahan. Kalau sudah ada instruksi jelas, kita  ke publik,” jelasnya.

Mantan Kadistrik Mimika Timur ini menambahkan, sistem penerimaan CASN nantinya diakses melalui situs SSCNBKN, sehingga para pelamar harus membuat akun sendiri untuk dapat mengaksesnya.

Selain itu, ada data fisik yang akan dikirim pelamar ditujukan ke kantor pos dengan kode pos yang akan diberikan.

Sistem dalam proses seleksi berkas tidak hanya secara online tetapi bisa melalui pemeriksaan factual, agar pihak BKD bisa memverifikasi data pelamar.

“Untuk teknis pendaftarannya menggunakan SSCN. Setiap peserta harus lampirkan dokumen pendukung melalui Kantor Pos. Artinya ada dokumen fisik yang akan diverifikasi secara faktual. Contoh orang yang asli Papua, namun bertugas di luar Papua dan anak-anaknya lahir di luar Papua, sudah jelas sistem akan tolak. Jadi berkas fisik itu yang akan diverifikasi oleh tim kita nanti,” tandasnya.

Adapun kuota penerimaan CASN 2018 di Mimika sebanyak 300 orang untuk formasi umum dengan perbandingan 80 persen untuk putra-putri Papua dan 20 persen non Papua. (a32)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.