Peringati HUT Kostrad ke-58, Brigif 20 IJK Gelar Donor Darah

“Kegiatan ini sasarannya masyarakat yang ada di sekitar pos pengamanan daerah rawan serta masyarakat di sekitar satuan dan batalyon yang ada”

TIMIKA,TimeX


Foto: Tanto/TimeX
DONOR DARAH – Ibu-ibu Persit antusias mendonorkan darah pada aksi sosial jelang HUT Kostrad ke-58 di Mako Brigif 20-IJK, Selasa (5/3).

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) ke-59 pada Rabu (6/3), Brigif 20/IJK/3 menggelar donor darah di Aula Mako Brigif, Distrik Wania, Selasa (5/3).

Komandan Brigif 20/IJK/3 Kostrad Kolonel Inf. Charles B. Sagala mengatakan Brigif 20 yang sudah menjadi bagian dari Kostrad setelah alih komando dan pengendalian pada 2018, menggelar aksi sosial donor darah melalui kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Adapun aksi donor darah melibatkan personil gabungan, baik dari Yonif 754/ENK/Divisi 3 Kostrad, personil Brigif- 20/IJK/3 Kostrad, ibu-ibu Persit, personil Brimob Batalyon B Timika, dan sejumlah personil Lanal Timika.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami dalam mendukung program kemanusiaan. Adapun darah yang terkumpul nantinya akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI,” kata Kolonel Charles.

Serangkaian kegiatan menyambut HUT Kostrad di Mimika, kata Kolonel Charles, telah bergulir sejak pekan lalu yaitu dengan menggelar bakti sosial di dua tempat yaitu pembersihan sampah di pinggir jalan poros Timika-Mapurujaya, dan kerja bakti di Panti Asuhan Eme Neme Yauware di Kilometer 7, Distrik Wania.

Kegiatan tersebut digelar secara sederhana namun langsung bersentuhan dengan masyarakat yang ada di sekitar satuan Kostrad supaya masyarakat menjadi dekat dan merasakan kehadiran prajurit Kostrad.

“Kegiatan sifatnya olahraga tahun ini belum adakan. Hanya yang berhubungan langsung dengan kegiatan sosial yang bersentuhan dengan masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga mengagendakan bakti sosial di sejumlah wilayah di pesisir pantai, namun kini pihaknya masih fokus di wilayah sekitar satuan.

“Nanti kita akan rencanakan karena tujuannya juga untuk masyarakat tetapi fokus kita di sekitar satuan,” kata Charles.

Adapun bhakti sosial juga telah dilangsungkan di Kampung Aroanop dan Tsinga oleh personil 754/ENK/3 Kostrad dan personil Brigif – 20/IJK/3 Kostrad.

“Kegiatan ini sasarannya masyarakat yang ada di sekitar pos pengamanan daerah rawan serta masyarakat di sekitar satuan dan batalyon yang ada,” tambahnya.

Charles berharap agar dengan HUT ke-58, Kostrad semakin dekat dengan masyarakat, dan sekaligus bisa mengayomi masyarakat.
Dengan demikian kahadiran Kostrad bisa dirasakan secara khusus masyarakat Papua, sebab menurutnya Kostrad hanya ada di wilayah Jawa dan Sulawesi. Namun Kostrad sudah ada di Papua. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.