Murid SDN Mandiri Jaya Diajarkan Wawasan Kebangsaan

TIMIKA,TimeX

Sebanyak 92 murid SDN Mandiri Jaya, Distrik Wania  mulai Kelas I-VI diajarkan tentang wawasan kebangsaan oleh belasan prajurit Kodim 1710/Mimika dan Satuan Tugas (Satgas) Pembinaan Teritorial Nemangkawi pada Rabu (13/3).

Foto: Tanto/TimeX
BAGIKAN-Lettu Inf Akhmad Zaini, Pasiter Kodim 1710-Mimika didampingi Lettu Satria, Anggota Satgas Binter Nemangkawi membagikan seragam sekolah secara simbolis kepada perwakilan murid SDN Mandiri Jaya.

Penyajian materi wawasan kebangsaan di civitas pendidikan setempat merupakan wujud pembinaan teritorial terhadap seluruh elemen masyarakat, termasuk  anak-anak sekolah adalah untuk menumbuhkan semangat nasionalisme cinta tanah air dan bangsa.

Lettu Inf. Akhmad Zaini selaku Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1710/Mimika selaku pemateri pada kesempatan itu mengatakan penyajian materi wawasan kebangsaan sangat penting bagi anak-anak usia dini.

“Sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, anak-anak merupakan tumpuan harapan, sehingga di setiap jenjang pendidikan perlunya ditumbuhkan semangat belajar agar  pintar dan cerdas serta mengikuti aturan sekolah,” katanya.

Selain penyajian materi, diselingi pula sesi tanya jawab hingga games (permainan) yang melibatkan guru dan murid-murid dilakukan secara kelompok membuat mereka antusias.

Buktinya, saat ditanya siapa yang bisa melafalkan dasar negara ‘Pancasila’, para murid antusias mengancungkan tangan.

Bahkan ketika ditanya cita-citanya, banyak murid menjawab ingin jadi polisi, tentara, bupati, gubernur bahkan ada yang ingin jadi presiden.

Pada kesempatan ini juga, Kodim 1710 Mimika menyerahkan 150 seragam sekolah, peralatan olahraga, serta makanan tambahan berupa snack.

Lettu Inf. Akhmad Zaini pun menegaskan ketika anak-anak mendapat teguran dari bapak-ibu guru itu bukan karena benci atau marah, tapi ungkapan sayang dalam mendidik anak-anak untuk berhasil dalam pendidikan, karena guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa.

Sementara Diana Domakubun Kepala SDN Mandiri Jaya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kodim 1710/Mimika bersama Satgas Pembinaan Teritorial Nemangkawi sebagai wujud peduli menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dalam diri anak-anak sejak usia dini.

“Kami apresiasi atas kunjungan dan maksud baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak-anak, memberikan semangat bagi anak-anak sebagai penerus cita-cita dan semangat perjuangan sebagai warga negara,” ungkapnya.

Diakuinya, bahwa walaupun dengan banyak kekurangan dan kondisi gedung yang sederhana yang didirikan sejak 2014 silam, ini tidak membuat para guru patah semangat dalam mendidik anak-anak.

“Selama ini kita belajar di gedung yang sebenarnya tidak layak digunakan, tapi dengan semangat dan tidak mengurangi anak-anak Papua menimbah ilmu,” tambahnya.

Walaupun murid-murid SDN Mandiri Jaya, 99 persen orangtuanya petani dan peternak, antusiuas menyekolahkan anak-anaknya sangat tinggi.

“Karena kita lihat semangat orangtua murid dan masyarakat di sini mau membangun gedung dengan empat ruang, dan kemudian disekat jadi dua ruangan untuk enam rombongan belajar. Ini membuktikan bahwa orangtua murid sangat mendukung pendidikan,” tandasnya. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.