DPRD Mimika Segera Paripurna Penetapan Bupati dan Wabup Terpilih

“Ini kan ada isu yang berkembang di masyarakat yang mana dalam waktu dekat dan bulan ini akan ada pelantikan bupati terpilih. Tetapi kalau kita mengacu kepada aturan UU yang sesuai dengan masa kerja bupati dan wakil bupati sekarang yaitu lima tahun masa kerjanya berakhirnya pada tanggal 6 September mendatang”

DPRD Segera Paripurna Penetapan Bupati dan Wabup Terpilih

TIMIKA,TimeX

Karel Gwijangge Ketua Badan Pembuatan (Bapem) Peraturan Daerah (Perda) DPRD Mimika mengungkapkan dalam minggu ini DPRD segera mengagendakan sidang paripurna istimewa penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilh periode 2019-2024 pasangan Eltinus Omaleng dan Johanes Rettob dengan jargon OMTOB.

Foto: Rina/TmeX
Karel Gwijangge

Anggota DPRD dua periode ini juga menepis adanya isu yang beredar mengenai pelantikan Bupati dan Wabup terpilih dalam bulan ini.

“Ini kan ada isu yang berkembang di masyarakat yang mana dalam waktu dekat dan bulan ini akan ada pelantikan bupati terpilih. Tetapi kalau kita mengacu kepada aturan UU yang sesuai dengan masa kerja bupati dan wakil bupati sekarang yaitu lima tahun masa kerjanya berakhirnya pada tanggal 6 September mendatang,” jelas Karel kepada Timika eXpress di kantor DPRD Mimika, Senin (18/3).

Karel juga tidak mengetahu secara pasti jika ada edaran dari menteri untuk dipercepat atau disesuaikan dengan masa kerja lima tahun. Tetapi sejak pemilu sampai sekarang ini  bupati terpilih ini belum paripurnakan.

“Direncanakan dalam minggu ini kita akan melakukan peripurnanya. Tentu jika hal ini kita belum mengusulkan ke gubernur karena baru mau diparipurnakan di tingkat kabupaten oleh DPRD Mimika,” jelasnya.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini berdasarkan hasil pleno KPU maupun putusan MK sudah bersifat final. Karena di rapat Bamus sudah dijadwalkan bahwa dalam minggu ini dilaksanakan rapat istimewa penetapan bupati dan wakil terpilih.

Setelah itu ujarnya akan ada proses lebih lanjut. Apakah mau dipercepat diusulkan ke gubernur tentunya mengacu pada aturan dengan melihat masa kerja secara normal bupati dan wakil bupati yang sekarang ini pasangan Eltinus Omaleng-Yohanes Bassang dengan jargon ‘OMBAS’ yang masa kerjanya berakhir 6 September mendatang.

Ia berharap mudah-mudahan tidak ada halangan sehingga jadwal paripurna bisa berjalan  baik.

Sementara Marthen Paiding Penjabat Sekda Mimika menjelaskan saat ini Bupati Eltinus Omaleng masih dalam tahap pemulihan kesehatannya. Namun tidak menjelaskan sakit apa yang diderita bupati.

Marthen juga belum tahu secara pasti kapan bupati kembali ke Timika.

“Saya belum tahu yang pasti dalam waktu dekat beliau datang karena ada agenda dengan DPRD,” katanya saat ditemui Timika eXpress di Graha Eme Neme Yauware usai peringatan HUT PPNI ke 45, Minggu (17/3). (aro/tio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.