Polisi Bekuk Penjual dan Penyuling Miras Lokal

TIMIKA,TimeX

Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga. Pepatah ini pas dialamatkan kepada seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial GS.

FOTO: Ist./TimeX
DIAMANKAN – GS saat diamankan di Polres Mimika dengan memegang sopi miliknya.

Terbongkarnya tindak-tanduk GS yang bukan hanya sebagai penjual, tetapi juga berperan sebagai penyuling (peracik-red) minuman keras lokal jenis sopi ini berawal dari kasus perkelahian dua orang pemuda di area kerja PT Pusaka Agro Lestari  (PAL) setelah menenggak miras.

Anggota Brimob Batalyon B Timika yang bertugas di PT PAL berhasil menangani bentrok dua pemuda sebelum akhirnya dilaporkan ke Polsek Kuala Kencana.

Dari pengakuan kedua pemuda, polisi kemudian meringkus GS yang menjual minuman keras (Miras) jenis sopi di kawasan PT PAL, tepatnya di Jembatan Kali Kamora pada Senin (18/3) sekira pukul 12.45 WIT.

Dari tangan GS, anggota Brimob Batalyon B Timika berhasl mengamankan 12 botol sopi dalam kemasan air mineral ukuran sedang siap edar.

GS pun mengaku sopi tersebut ia pasok dari pembuatnya langsung di Jalan Yos Sudarso, tepatnya  di belakang Warung Konro.

“Kasus ibu rumah tangga penjual sopi kita terima dari oleh anggota Brimob Timika yang tugas di sana (PT PAL) kemudian dibawa ke Polsek Kuala Kencana. Setelah kami lakukan pemeriksaan, pelaku (GS-Red) mengaku sopi dipasok langsung dari tempat penyulingan sopi di Jalan Yos Sudarso, dan sudah berjalan selama satu bulan. Dari penyidikan awal anggota Polsek Kuala Kencana, kemudian kasusnya kami serahkan ke Satres Narkoba Polres Mimika,” ungkap Kapolsek Kuala Kencana Iptu Yuliusa Harikatang saat ditemui Timika eXpress di Keuskupan Timika, Senin (18/3).

Dari hasil pengembangan penyidikan, saat itu juga anggota Polsek Kuala Kencana dan Satres Narkoba Polres Mimika langsung menuju lokasi penyulingan milik GS. Ketika itu langsung penggeledahan dan memasang police line (garis polisi) guna proses hukum selanjutnya.

Selain GS, diamankan pula pelaku lain berinisial U di lokasi penyulingan bersama semua barang bukti pembuatan sopi. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.