Bupati Omaleng Bakal Serahkan Bantuan Kemanusiaan Sentani

TIMIKA,TimeX

Sesuai rencana Bupati Mimika Eltinus Omaleng bakal menyerahkan secara langsung 200 koli bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir bandang di Sentani Kabupaten Jayapura pada Jumat (22/3). Barang bantuan yang ada di posko utama Pemerintah Kabupaten Mimika di halaman Pos Damkar Jalan Yos Sudarso diperkirakan seberat lima hingga delapan ton.

Foto: Tanto/TimeX
BANTUAN – Sejumlah bantuan kemanusiaan untuk Sentani dikumpulkan di Posko Utama di Pos Damkar Jalan Yos Sudarso, Rabu (20/3).

“Besok (Kamis- red) sekira pukul 15.00 WIT semua bantuan yang ada ini berupa pakaian layak pakai, sabun mandi, odol, keperluan wanita, tempat tidur yang bisa dilipat bahkan beras itu sudah digeser ke Lanud. Ini sesuai dengan batas waktu yang diberikan oleh Danlanud,” jelas Levianus Siahaya Ketua Pos Bencana Sentani saat dikonfirmasi Timika eXpress via telepon, Rabu (20/3) malam.

Mantan Lurah Koperapoka ini menguraikan semua bantuan yang sudah terkumpul saat ini diperoleh dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), masyarakat umum serta komunitas-komunitas peduli Sentani yang ada di daerah ini.

“Nanti Hari Jumat (22/3) Bupati Mimika sendiri yang serahkan bantuan tersebut. Sebelum penyerahan dari Bupati Mimika, besok (Kamis-red) Kepala BPBD Kabupaten Mimika berangkat ke Jayapura untuk mempersiapkan semuanya,” jelasnya.

Selain barang siap pakai 200 koli Levianus memastikan Pemkab juga memberikan bantuan berupa uang tunai. Namun berapa banyak uang ujarnya belum terhitung semua.

“Karena besok baru terkumpul semua. Jadi Pemkab Mimika punya pergerakan bantuan itu ada dua macam, yaitu dalam bentuk barang dan dalam bentuk uang,” katanya.

Mantan Kepala Distrik Mimika Barat, Kokonao ini juga mengungkapkan aksi penggalangan bantuan dalam bentuk barang dan uang dikoordinir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika dimulai sejak Senin (18/3).

Omaleng Sumbang Rp500 Juta

Sementara Eltinus Omaleng Bupati Mimika secara pribadi menyumbang Rp500 juta untuk korban banjir bandang Sentani.

Hal ini Omaleng utarakan kepada media usai menghadiri sidang istimewa paripurna penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2019-2024 di Gedung DPRD, Rabu (20/3).

Omaleng menjelaskan bantuan pribadinya itu dikirim langsung lewat rekening Bupati Jayapura.

Bahkan ia selaku pimpinan daerah telah mengerahkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk turut serta mengambil bagian memberikan bantuan kepada para korban banjir bandang Sentani.

“500 juta itu di luar dari sumbangan OPD. Kalau masing-masing OPD diusahakan harus bisa sumbang sekitar Rp10 jutaan,” tuturnya.

Pantauan Timika eXpres dua hari terkahir telah dibuka pos penggalan dana. Seperti di depan Kantor DPRD Jalan Cenderawasih dan depan Pos Damkar. Bahkan setiap kali ada kegiatan Pemkab menyisikan waktu menggalang dana. Misalnya pada sidang paripurna penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Sumbangan itu diisi dalam karton yang disediakan Bagian Humas Setda Mimika. Aksi spontan peduli Sentani juga dijalankan oleh para perawat Mimika pada upacara puncak HUT PPNI ke 45 di Graha Eme Neme Yauware, Minggu (17/3). Pada aksi itu berhasil terkumpul lima juta lebih.

Masyarakat Tabi Mimika Buka Posko

Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir bandang di Sentani, masyarakat Tabi di Kabupaten Mimika membuka posko bantuan berlokasi di Jalan Cenderawasih. Bantuan dapat diberikan berupa bahan makanan, pakaian maupun uang.

Demikian disampaikan Victor Kabey selaku Pengurus Masyarakat Tabi Mimika kepada Timika eXpress di Jalan Cendrawasih, Selasa (19/3).

Sejak dibuka posko bantuan ini ujar Victor bantuan bahan makan seperti gula, mie, susu, kopi maupun uang terus mengalir.

“Sampai kini uang yang telah terkumpul mencapai Rp30 juta. Sedangkan gula sudah hampir tiga ton. Dan masih banyak lagi bahan makanan yang telah terkumpul di gudang sekretariat di Jalan Kebun Sirih,” jelasnya.

Ia mengatakan ini posko induk Kerukunan Keluarga Besar Tabi di Mimika. Posko ini hanya untuk keluarga Tabi. Masyarakat Tabi itu masyarakat Kabupaten Jayapura, Sarmi, Keerom dan Mamberamo.

Ia mengharapkan masyarakat yang ingin memberikan bantuan bisa datang ke posko ini. Posko bantuan ini dibuka sejak pukul 08.00 WIT hingga pukul 20.00 WIT.

“Setelah terkumpul semua bantuan ini pada Selasa depan kami akan mendistribusikan ke posko utama Pemka Mimika yang terletak di Damkar. Selanjutnya, bantuan yang telah terkumpul ini akan diserahkan ke Pemkab Jayapura,” terangnya. (aro/a30/tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.