Bakesbangpol Mimika Selenggarakan Pembinaan Parpol

TIMIKA,TimeX

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Mimika selenggarakan Pembinaan Partai Politik (Parpol) Tahun 2019 di Aula Bobaigo, Jumat (22/3).

Tema pada kegiatan ini ‘Melalui Pembinaan Partai Politik Kita Tingkatkan Kualitas Partai Politik Menuju Partai Politik yang Profesional’.

Foto: Kristina/TimeX
FOTO BERSAMA – Petrus Lewa Koten Kepala Bakesbangpol Mimika foto bersama peserta perwakilan Parpol usai kegiatan, Jumat (22/3).

Acara ini dibuka oleh I Nyoman Putu Arka Asisten II Setda Mimika ditadai pemukulan tifa. Turut hadir Kepala Bakesbangpol Mimika Petrus Lewa Koten, Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola, perwakilan TNI-Polri serta perwakilan 16 Parpol.

Erius Kogoya Ketua Panitia dalam laporan menjelaskan maksud dari dilaksankan kegiatan ini adalah memantapkan pemahaman tentang pentingnya manajemen administrasi partai politik dalam rangka parpol profesional dan mandiri.

Tujuan kegiatan tersebut ujarnya guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang manajemen administrasi parpol yang profesional dan mandiri terhadap kader parpol agar mampu memaksimalkan fungsi parpol baik terhadap negara maupun terhadap rakyat. Dan memiliki kemampuan kemajuan pembangunan politik di Mimika.

I Nyoman Putu Arka dalam sambutan mengatakan parpol mempunyai fungsi dan peran sangat penting dalam setiap negara yang menerapkan sistem demokrasi.

“Parpol mempunyai ide-ide, pandangan yang dipercayai masyarakat kepada pemerintah. Parpol memiliki peran penting dalam kebutuhan demokrasi. Salah satunya harus mampu memberikan pembinaan kepada kader-kader yang menjadi pemimpin di Kabupaten Mimika,” jelasnya.

Penyempurnaan Parpol kata Nyoman sudah diatur dalam undang-undang. Melalui parpol bisa terbentuk suatu perilaku pengurus yang terarah sehingga terbentuk budaya politik yang mendukung prinsip-prinsip dasar demokrasi.

Lainnya kata Nyoman memaksimalkan fungsi parpol baik terhadap negara maupun rakyat melalui pendidikan politik maupun pengkaderan dan rekrutmen politik yang efektif untuk menghasilkan kader-kader calon pemimpin yang handal, kreatif dan mempunyai kemampuan untuk membangun kemajuan Mimika.

Mantan Kepala Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Mimika itu mendukung dan menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Bakesbangpol.

Ia memandang pembinaan seperti itu penting guna menciptakan ide yang sinergis antarapemerintah daerah dan parpol.

Dalam waktu yang tidak lama lagi katanya akan diadakan satu agenda besar pelaksanaan Pileg dan Pilpres pada 17 April mendatang.

Oleh karena itu Nyoman berharap agar Bakesbangpol bisa terus memberikan pemahaman kepada semua pihak terlebih khusus kepada parpol.

“Bisa memberikan pemahaman mengenai hak, kewajiban dan tanggung jawab dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu saya juga mengajak kita semua untuk turut menjaga situasi dan kondisi yang kondusif sehingga bisa menciptakan Mimika yang aman dan damai,” jelasnya.

Pemateri dalam kegiatan ini Indra Ebang Ola Ketua KPU Mimika dengan materinya tentang upaya Parpol dalam menciptakan pemilu yang berkualitas.

Narasumber lainnya Daniel N D dosen STIE JB dengan materi pembinaan manajemen administrasi parpol.

Kemudian Primus Lesomar dari Inspektorat materinya tentang peran Parpol dalam mengawal pembangunan di daerah. Dan Petrus Lewa Koten dengan materi peran parpol dalam pembangunan sistem demokrasi.

Acara ini berlangsung alot menerapkan metode ceramah dan diskusi.

Petrus Lewa Koten dalam sambutan penutupan acara mengatakan semua pemateri yang memaparkan materinya sudah memberikan pemahaman dan gambaran mengenai proses yang harus dijalankan oleh setiap parpol.

“Kita perlu untuk menjaga kebersamaan bahwa pemilu ini bukan hanya milik orang per orang, partai per partai tetapi milik kita semuanya,” katanya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak mulai dari pemateri hingga peserta dari parpol yang sudah ikut dalam kegiatan tersebut.

Diakhir acara masing-masing peserta diberikan cinderamata berupa tas noken yang dibeli dari mama-mama Papua. (a33)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.