Harry Tabah Thenggo Caleg Partai Berkarya, Bisnis dan Politik Bisa Sejahterakan Masyarakat

Banyak yang beranggapan bahwa anak muda masih kurang pengalaman dan terlalu berisiko. Padahal, saat muda adalah waktu yang sangat tepat untuk memulai berbisnis. Alasan pertama adalah masih memiliki cukup energi untuk bekerja keras. Dan kedua, masih banyak waktu yang tersisa seandainya menemui kegagalan. Kalimat ini pas untuk Harry. Ia bercita-cita ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses sejak duduk di bangku SMA.

Foto: Ist./TimeX
PERKENALKAN BUDAYA PAPUA – Harry Tabah Thenggo Wijaya foto bersama teman-temannya saat hendak tampil dalam kegiatan memperkenalkan budaya Papua di Australia.

Menurut dia, jika ia sukses dalam berbisnis ia bisa membantu orang lain dengan membuka lapangan kerja.  Calon legislator Kabupaten Mimika yang diusung Partai Berkarya ini berpendapat, dunia bisnis dan dunia politik jika dipadukan dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Mimika.

“Saya percaya bisnis dan politik dapat bahu membahu untuk mensejahterakan masyarakat, dengan cara membuka banyak lapangan kerja dan peluang bisnis kepada masyarakat asli Papua,” tutur Harry.

Harry yang maju melalui Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Mimika ini menyatakan, melalui politik juga bisa memberdayakan masyarakat asli Papua untuk terjun ke dunia bisnis, agar mereka tidak lagi menggantungkan kehidupan mereka pada Freeport, Pemkab Mimika atau menjual tanah seperti yang selama ini dilakukan.

“Masyarakat asli Papua khusus Amungme Kamoro harus diberdayakan untuk bisa bekerja, berbisnis sehingga dapat menghasilkan uang sendiri bukan hanya  berharap bantuan dari Freeport, pemerintah atau hidup dari hasil jualan tanah yang membuat mereka semakin asing di tanahnya sendiri,” kata Harry.

Calon Anggota DPRD Mimika yang masih berusia 24 tahun ini  mengaku pilihannya untuk terjun ke dunia politik diputuskan sendiri serta mendapat dukungan penuh dari orangtua, keluarga, komunitas basket, Perbasi dan teman-temannya di Timika.

“Sudah saatnya kami anak muda Timika maju untuk membawa perubahana yang lebih baik untuk tanah ini,” tegas Harry.

Dalam Pileg 2019 mendatang, Harry mendapat nomor urut 4 dengan  Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Mimika yang meliputi wilayah Kelurahan Hangatji, Koperapoka, Kwamki, Minabua dan Kelurahan Timika Jaya.

Untuk Bisa Sukses, Berusaha & Berdoa Harus Seimbang

DALAM menjalani kehidupan sehari-hari, Harry selalu berusaha untuk menyeimbangkan antara berusaha dalam menggapai sesuatu dibarengi dengan berdoa. Sebab, bagi Harry kunci dari kesuksesan adalah bekerja dan berdoa.

Menurutnya setiap orang boleh bekerja sekeras apapun, namun jika tidak memohon pertolongan kepada Tuhan, maka hasilnya akan sia-sia. Tak hanya itu, kita juga harus mengucap syukur kepada Tuhan atas berkat yang kita peroleh selama ini.

“Kita boleh saja bekerja keras, gigih dan sekuat apa pun.  Tapi harus tetap berdoa dan memasrahkan usaha dan doa kita kepada Tuhan. Sebab, Dia-lah yang menentukan sukses atau gagalnya usaha dan pekerjaan kita,” tutur Harry.

Meski masih berusia muda, tapi pola pikir Calon Anggota Legislatif Kabupaten Mimika ini dalam menjalani kehidupan sehari-hari selalu memotivasi diri dengan berpegang teguh pada motto ora et labora yang artinya berdoa dan bekerja.

“Memang itu yang saya lakukan dan saya percaya itu. Hasilnya saya rasakan juga. Kiat saya ya berdoa dan bekerja keras. Kita boleh jorjoran bekerja, tetapi harus tetap berdoa dan mengembalikannya kepada Tuhan. Sebab, Dia-lah yang mengambil keputusan atas semua usaha dan doa kita,” ujar Harry.

Karena alasan itu pula, sebelum memulai pekerjaan, setiap pagi, Harry selalu berdoa meminta petunjuk dan perlindungan kepada Yang Maha Kuasa.

“Saya berdoa, bila semua hal ini baik bagi saya dan bagi pekerjaan saya maka permudahkanlah jalan saya. Kalau memang ini tidak baik bagi saya, saya mohon berikan saya yang lebih baik lagi,” ujar alumni SMA St. Jhon’s College Darwin ini.

Harry mengaku, hal penting lainnya adalah harus memiliki integritas, sebab  dengan memiliki integritas dapat mencerminkan prinsip hidup dan pegangan hidup diri seseorang secara konsisten.(epy/ozy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.