Bupati Tinjau Pembangunan Terminal Baru Bandara dan Venue PON XX

TIMIKA,TimeX

Eltinus Omaleng Bupati Mimika didampingi sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika meninjau progres kemajuan pembangunan terminal baru bandara milik Pemkab dan beberapa venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 pada Senin (25/3).

Foto: Indri/TimeX
MENINJAU – Eltinus Omaleng Bupati Mimika bersama para pejabat Pemkab Mimika meninjau terminal bandara baru, Senin (25/3).

Dalam Sidak tersebut bupati didampingi Marthen Paiding Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda), Robert Mayaut  Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR),  Asisten I Bidang Pemerintahan Damianus Katiop, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dionisius Mameyao, Kepala Dinas Peternakan Yosefin Sampelino, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Ida Wahyuni, Kepala Bakesbangpol Petrus Lewa Koten serta beberapa pejabat lainnya.

Sidak ini bupati ingin memastikan kemajuan pembangunan inftrastruktur fasilitas penunjang PON XX sudah sejauh mana supaya digunakan tepat waktu.

Bupati dalam diskusi bersama Warsan Saputra selaku konsultan PT Citra Prasasti Consorindo terungkap bahwa  pembangunan terminal VIP bandara dari APBN ini progresnya sudah mencapai 90 persen tinggal tahap akhir saja.

Menurut Warsan pekerjaan yang sedang berjalan ini masih masuk dalam kontrak 2018, hanya terhitung perpanjangan waktu saja penyelesaiannya berakhir pada Maret ini.

“Pekerja kami sekitar 200 orang. Mereka bekerja full waktu sehingga mereka harus lembur untuk mengejar target saja,” katanya.

Ia menambahkan untuk item pekerjaan pengecetan, pemasangan plapon serta pemasangan kerangka langit-langit atap hingga pintu keluar dan masuk dan seluruh ruangan di bagian dalam seperti kantor pelayanan, lapak kantin dan mushola merupakan pekerjaan lanjutan masuk tahan angaran 2019.

Pengerjaan terminal sepanjang 180 meter dengan lebar 56 meter ini pekerjaannya akan diperpanjang Maret ini yang saat ini masih dalam tahap pelelangan.

“Diprioritas plafon dan lampu. Kalau instalasi sudah siap, itu akan diselesaikan tahun ini,” katanya.

Sedangkan pekerjaan bersumber APBD Mimika menurut Maraden Hutajulu selaku konsultan bahwa panjang terminal 160 dengan lebar 45 meter itu seharusnya sudah rampung 100 persen. Namun terhambat dengan penyesuaian gambar dari kementerian saja. Ini menyangkut dengan pembangunan fisik.

“Saat ini baru 90 persen. Kami target tahun ini sudah 95 persen bahkan 100 persen. Pekerjaan kami meliputi perkuat struktur, arsitektur. Waktu kami masih banyak untuk bisa selesaikan,” katanya.

Selain meninjau pembangunan terminal bupati beserta rombongannya mendatangi lokasi pembangunan GOR Futsal di Jalan Poros SP V. Juga survei lahan pembangunan gedung pergelaran biliard, pembangunan Rusun atlet di kompleks MSC.

Bupati ketika berbincang-bincang dengan Doni Musani selaku Site Manager PT Sumber Rejeki Pramasti mengutarakan niatnya bahwa pengecetan GOR Futsal  memilih warna kopi susu atau warna sedikit lebih cerah. Gor Futsal ini berkapasitas menampung 1900 penonton dilengkapi ruang ganti atlet, ruang kesehatan, pers, broadcast (penyiaran-red) dan mushola.

Doni Musani mengaku saat ini pekerjaan telah terealisasi 100 persen. Artinya pekerjaan dikontrak 2018 telah selesai.

“Kontrak kerja tahun 2019 sedang dalam proses pelelangan, itu termasuk pekerjaan pembangunan pagar, tempat parkir dan eksinteriornya, kramik lantai dengan model lapis vinyl dan pagar tribun,” jelasnya. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.