Jenny: Sekolah Jangan Tolak Anak yang Belum Tahu Baca

“Jangan paksanakan motorik anak. Anak dengan usia tiga tahun, usia PAUD, otaknya tidak boleh dipaksa untuk membaca atau menulis tidak ada aturan yang mengharuskan itu”

TIMIKA,TimeX

Jelang tahun ajaran baru sekolah-sekolah akan menerima murid baru mulai dari PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA/SMK. Terkait dengan itu Jenny O. Usmani Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Mimika mengingatkan pihak sekolah untuk tidak menolak murid yang belum bisa membaca khususnya yang akan masuk SD sebab itu melanggar hak anak untuk peroleh pendidikan seperti diamanatkan undang-undang.

“Kalau ada yang menolak maka orangtua silahkan lapor ke dinas, karena hal tersebut tidak dibenarkan,” tutur Jenny saat membuka Konferensi Kerja Kabupaten Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI-PGRI) di Hotel Cenderawasi 66, Jumat (29/3).

“Jangan paksanakan motorik anak. Anak dengan usia tiga tahun, usia PAUD, otaknya tidak boleh dipaksa untuk membaca atau menulis tidak ada aturan yang mengharuskan itu,” tegasnya.

Perihal itu ia menyarankan kurikulum PAUD inipun harus dibenahi dan memang untuk merubah pola pikir tentang hal itu sangat tidak muda.

Menurut Jenny mengelola pendidikan sama saja dengan mengelola peradaban. Jika salah maka akan berdampak pada semua aspek. “Jika memang ada sekolah entah sekolah negeri dan swasta yang tidak mau menerima anak hanya alasan tidak tahu baca tulis, saya tekankan lagi orangtua langsung lapor ke kami,” katanya.

Untuk itu ia memastikan pemerintah harus memastikan pelayanan pendidikan kepada pemberi pelayanan, seperti sekolah kepada murid harus baik. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.