Asong Tersangka Narkoba Diancam Penjara Seumur Hidup

TIMIKA,TimeX

Asong alias CD tersangka kasus kepemilikan 27 gram narkoba golongan satu sabu-sabu terancam penjara seumur hidup, sebagaimana ketentuan hukum Pasal 112 ayat (1), (2) dan Pasal 114 ayat (1), (2) Undang-Undang (UU) RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika

Foto: Dok./TimeX
BARANG BUKTI – Kasat Narkoba Iptu Kordiali saat menunjukanbarang bukti sabu yang diamankan dari tersangka-CD-alias-Asong.

Asong yang dibekuk anggota Satres Narkoba Polres Mimika di Counter Heppy Cell miliknya di Jalan Bhayangkara terancam hukuman berat sebab terbukti memiliki 27 paket sabu dalam kemasan plastik bening siap edar.

Selain itu diamankan pula dua alat isap sabu (bong) serta satu timbangan digital. 27 gram sabu itu Asong sembunyikan dalam sebuah ember.

Asong mendapat paket barang haram tersebut dibeli dari rekannya di Pontianak, Kalimantan Barat.

Terhadap proses hukum kasusnya, Iptu Laurentius Kordiali Kasat Narkoba Polres Mimika mengatakan, pihaknya sudah melimpahkan berkas tahap satu ke Kejaksaan Negeri Mimika pekan lalu.

“Berkas tahap satu sudah kita serahkan ke jaksa, tinggal tunggu petunjuk jaksa guna proses hukum lanjut,” kata Iptu Kordiali saat dikonfirmasi Timika eXpress pada Minggu (31/3).

Untuk memastikan kandungan narkotika jenis sabu-sabu yang diamankan dari tangan tersangka Candra Dinata alias Asong, Satres Narkoba pun telah mengirim barang buktinya ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jayapura.

Sembari menunggu hasil dari BPOM, pihaknya terus mengembangkan penyidikan atas dugaan adanya keterlibatan pelaku lain dalam kasus ini.

Untuk diketahui, CD alias Asong ditangkap anggota Satres Narkoba setelah diketahui menjual narkotika jenis sabu-sabu di Timika.

Asong dibekuk di kediamannya pada Kamis (14/3) petang setelah teridentifikasi memiliki paket sabu dalam jumlah banyak siap diedarkan.

Iptu Kordiali menambahkan selama Bulan Maret ini, Satres Narkoba Polres Mimika sudah menangani delapan kasus.

“Dari delapan kasus ini selain sabu-sabu juga ada kasus minuman keras jenis sopi,” ungkapnya.

Dalam memberangus peredaran narkotika dan miras di Timika ia mengharapkan peran serta dari masyarakat. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.