Gubernur Rekomendasikan Pengembalian Ausilius You sebagai Sekda Mimika

TIMIKA,TimeX

Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe melalui surat nomor 821.2/3603/SET, merekomendasikan kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng untuk mengembalikan Ausilius You, S.Pd,MM,MH ke jabatan semula sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika.

Foto: Dok./TimeX
PLAKAT – Ausilius You Sekda Mimika menyerahkan plakat tropy kepada Aulia Dewi perwakilan SD IT Permata Papua juara satu lomba cerita pada tahun 2018 lalu.

Dalam surat tertanggal 28 Maret 2019 yang ditandatangani Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP,MH perihal pengembalian Saudara Ausilius You,S.Pd.MM ke jabatan semula sebagai Sekda Mimika, itu ditujukan langsung kepada Bupati Mimika selaku Pejabat Pembina Kepegawaian di Timika.

Adapun tembusan dalam surat tersebut ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemepan-RB), Kepala Badan Kepegawaian Negara, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Inspektur Provinsi Papua, dan Ketua DPRD Kabupaten Mimika dan Saudara Ausilius You,S.Pd,MM.

Rekomendasi tersebut memperhatikan surat Ketua KASN Nomor: 477/KASN/2/2019 tanggal 8 Februari 2019 perihal penjelasan atas surat Saudara Ausilius You,S.Pd,MM yang ditujukan kepada Gubernur Papua, dan tembusannya disampaikan kepada Bupati Mimika dalam rangka pembinaan terhadap penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota oleh Gubernur Papua selaku wakil Pemerintah Pusat di daerah, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Dalam rangka menjamin tertib administrasi kepegawaian agar saudara segera meninjau dan mengkaji ulang terhadap Keputusan Bupati Mimika Nomor SK.821.2-05 tentang pemberhentian Sdr. Ausilius You,S.Pd,MM dari jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.
  2. Agar melaksanakan rekomendasi Ketua KASN Nomor 477/KASN/2/2019 tanggal 8 Februari 2019 untuk mengembalikan Sdr. Ausilius You,S.Pd,MM ke jabatan semula sebagai Sekretaris Daerah Mimika, dan memberikan hak-hak kepegawaian sesuai ketentuan yang berlaku.
  3. Membuat kontrak/perjanjian kinerja antara Sekretaris Daerah Mimika dan Bupati Mimika sebagai kesepakatan pencapaian kinerja yang akan dicapai sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Pengisian JPT yang lowong melalui mutasi dari satu JPT ke JPT yang lain dapat dilakukan melalui uji kompetensi dari pejabat yang ada dan berkontribusi dengan KASN sesuai ketentuan pasal 121 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang managemen Pegawai Negeri Sipil.

Akhir dari surat tersebut tertulis, demikian untuk menjadi perhatian dan pelaksanaannya.

Berdasarkan ketentuan surat tersebut, John Wenehen selaku pemerhati birokrasi pemerintah kepada media ini,  berharap surat dari Gubernur Papua dapat ditindaklanjuti.

“Ini supaya Pak Ausilius You mulai kembali membantu tugas bupati dan tanggung jawab kepangkatan di daerah, dan supaya roda pemerintahan berjalan baik,” tandasnya.

Sementara Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom yang mengaku sudah menerima surat tembusan Gubernur Papua meminta Bupati Eltinus Omaleng menindaklanjuti surat Gubernur Papua tersebut untuk segera mengaktifkan kembali Ausilius You sebagai Sekda Mimika.

“Saya harap situasi ini kita taati bersama, karena ini amanat undang-undang. Karenanya Bupati Mimika untuk menindaklanjutinya surat Gubernur Papua sehingga Ausilius You yang diberhentikan sejak 8 Oktober 2018 lalu kembali diaktifkan sebagai Sekda Mimika,” kata Elminus Mom singkat kepada Timika eXpress via ponselnya, Senin (1/4). (tim)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.