66 Personel Polda Papua Bantu Pengamanan Pemilu Tiba di Timika

TIMIKA, TimeX

Sebanyak 66 personel Polda Papua yang didatangkan untuk membantu pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 di Kabupaten Mimika, pada Senin (15/4) telah tiba di Timika.

Foto: Tanto/Timex
ARAHAN – AKP Andyka Aer selaku Kabag Ops Polres Mimika memberikan arahan usai menyambut kedatangan 66 personil bantuan pengamanan Pemilu dari Polda Papua, Senin (15/4).

Kedatangan 66 personel dengan penerbangan komersil setibanya di Bandara Mozes Kilangin Timika, selanjutnya disambut AKP Andyka Aer, Kabag Ops Polres Mimika di Kantor Pelayanan Polres Mimika.

AKP Andhyka mengatakan, 66 personel Polda Papua terdiri dari 12 perwira akan bertugas sebagai perwira pengendali wilayah dalam Kota Timika, sedangkan 54 bintara  akan di ploting untuk pengamaan di wilayah pemilihan Koperapoka.

“12 perwira bantuan Polda Papua akan jadi perwira pengendali di Iwaka, Kuala Kencana, Mimika Baru dan sekitarnya,” kata AKP Andyka Aer kepada wartawan usai menyambut kedatangan personil bantuan Polda Papua, Senin (15/4).

Adapun jumlah bantuan 66 personel dibawah dari permintaan yang diajukan Polres Mimika.

“Yang kita ajukan permohonan bantuan 100 personel, namun hanya 66 yang diakomodir. Jumlah ini kalau dibilang cukup tentu tidak, kalau kurang ia, karena untuk komposisi personel pengamanan dalam kota sendiri, estimasinya 1 polisi mengamankan 1-3 TPS. Kondisi ini kalau untuk penambahan personil kemungkinan tidak ada lagi, tetapi kalau masih diperlukan maka diperpanjang,” jelasnya.

Sebab 66 personil Polda Papua yang diperbantukan sesuai surat perintah (sprint) Kapolda Papua, akan berada di Timika selama enam hari.

Dengan keterbatasan personel, tentu akan dimaksimalkan dengan sumber daya yang ada, dengan harapan situasi keamanan tetap kondusif hingga pelaksanaan Pemilu Mimika.

Disebutkan pula, terkait pengamanan Pemilu, untuk pergeseran personel Polres Mimika di wilayah pesisir dan pegunungan sudah mulai berlangsung sejak Minggu hingga Senin (15/4) kemarin. (tan)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.